8 Pertanyaan Tentang Honda City Hatchback RS, Calon Raja Baru Hatchback!

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:39 WIB
2. Mengapa Honda City Hatchback RS tidak menggunakan mesin 1.0L turbo seperti Thailand?

Large Project Leader Honda City Hatchback Satoru Azumi menyebut bahwa pihaknya melakukan studi panjang untuk menentukan mesin yang cocok untuk pasar Indonesia.

”Ada tiga hal pertimbangan kami. Pertama, dari kebutuhan konsumen. Kedua, dari kondisi lingkungan dan kecocokan implementasi mesin, dan ketiga marketability,” ungkap Satoru.

Dan hasilnya mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW dengan pilihan transmisi CVT & 6 M/T dianggap paling cocok untuk pasar Indonesia. Mesin itu membuat performa Honda City Hatchback RS mencapai 121PS/6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm/4.300 rpm.

Di Thailand, Honda City Hatchback mengusung mesin 1.0L (998 cc) VTEC Turbo 3 silinder yang juga mampu memompa daya 122 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm. ”Mesin dan transmisinya memang berbeda, tapi fiturnya sama,” ujar Satoru.

3. Apalah Honda City Hatchback RS Diproduksi Lokal atau CBU?



Honda City Hatchback RS diproduksi lokal di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Namun, Billy belum bisa menyebutkan berapa prosentase kandungan lokalnya.

”Karena cara menghitungnya beragam. Bisa dari jumlah partsnya, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), atau purchase cost structure. Untuk sementara saya bbelum bisa menjawab. Termasuk apakah Honda City Hatchback RS ikut masuk relaksasi pajak atau tidak. Karena harga belum kami umumkan,” ujar Billy.

4. Mengapa Honda Jazz Harus Disuntik Mati?
Halaman :