7 Penyebab Setir Berat dan Cara Mengatasinya

Minggu, 13 Juni 2021 - 21:05 WIB
Jika didapati ban yang sudah botak maka segera mengganti dengan ban baru atau bisa dilakukan rotasi ban dengan ban yang masih terdapat alur nya.

3. Akibat FWA kurang tepat

FWA atau disebut dengan Front Wheel Alignment merupakan settingan yang dilakukan untuk mengatur posisi roda depan mobil, sehingga akan membuat kinerja stir menjadi ringan.

Apabila mobil terus dipakai, maka FWA akan berubah dan ban akan semakin menipis akibat faktor pemakaian mobil.

Untuk bisa mengatasi permasalahan mengenai spooring balancing di mobil, maka perlu melakukan proses servis pada sudut roda depan dan penyeimbang roda mobil. Apabila FWA tidak mengalami permasalahan, maka mobil tidak perlu lakukan perbaikan maupun penggantian suku cadang.

4. Long tie rod rusak

Long tie rod atau inner tie rod adalah suatu batang besi yang berguna untuk menghubungkan antara output dari rack steer ke steering knuckle. Bagian ujung long tie rod terdapat sebuah ball joint yang dipakai sebagai engsel, sehingga bisa menggerakan steering knuckle.

Biasanya permasalahannya yang terjadi akan menyerang bagian ball joint yang sudah kocak. Jika itu terjadi maka timbulnya bunyi aneh pada saat dibelokan dan timbul gejala stir getar.

Cara mengatasinya dengan cara lakukan penggantian inner tie rod yang bagian kanan atau kiri dengan yang baru.

5. Steering rack bermasalah
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More