Penyebab Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Mayoritas Karena Kesalahan Pengemudi

Minggu, 06 Maret 2022 - 14:17 WIB
Pengendara kerap kali mengubah posisi kopling untuk membuat jarak injak pedal kopling jadi lebih dekat. Sayangnya banyak orang yang asal memindahkannya tanpa pertimbangan yang tepat.

Salah melakukan penyetelan berisiko membuat kampas kopling cepat habis. Namun jika pemasangan kopling benar, maka memang kaan membuat mobil lebih nyaman dikendarai.

3. Penggunaan gigi yang kurang sesuai



Tak sedikit pengendara yang malas untuk memindahkan gigi. Mereka lebih senang memulai memasang gigi 2 atau 3 saat hendak menjalankan mobil agar tidak perlu banyak melakukan perpindahan gigi.

Padahal, pemakaian gigi 2 dan 3 secara langsung saat mobil baru dikendarai memerlukan RPM yang tinggi dan setengah kopling. Bila terlalu sering dilakukan akan membuat kopling selip dan bisa mempercepat kampas kopling jadi cepat habis.

4. Rumah kopling kemasukan oli

Sambungan carter oli yang mengalami kebocoran atau dari oli transmisi maupun seal crankshaft yang bocor memungkinkan oli masuk ke rumah kopling. Ini akan meminimalisir grip permukaan plat kopling dan membuatnya cepat habis.

Bila di dalam kopling ada tetesan oli biasanya ditandai dengan getaran saat mobil digas dan suara keras. Kalau sudah mengalami tanda-tanda seperti ini, maka segera lakukan pengecekan.

5. Terlalu sering menginjak kopling saat jalan lurus
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More