Fiat Sukses Bikin Mobil Listrik Berjalan Tanpa Baterai, Rahasianya Ternyata Sederhana

Sabtu, 18 Juni 2022 - 21:10 WIB
Dikutip dari laman The Drive, sebenarnya pengisian induktif nirkabel untuk kendaraan listrik telah ada selama beberapa tahun tetapi tidak pernah efektif. Perkembangan teknologi ini berjalan lambat dan terbatas hanya untuk mengisi mobil semalaman di garasi pemiliknya.

Satu-satunya manfaat nyata pengisian daya tanpa kabel adalah kenyamanan tidak harus mencolokkan mobil. Namun, Stellantis sukses mengaplikasikan dengan lebih praktis melalui sistem DWPT yang mampu mengirimkan daya tanpa kabel ke motor listrik.



Sistem DWPT menggunakan kumparan yang diposisikan di bawah trotoar atau aspal, kemudian secara nirkabel mengirimkan energi melalui aspal ke mobil saat sedang bergerak. Kumparan ini mengirim daya ke penerima yang terpasang pada motor listrik. Jadi kumparan pengisian DWPT langsung menyalakan motor listrik, menghemat energi baterai.

Stellantis tidak memberikan terlalu banyak spesifikasi tentang sistem DWPT, seperti kecepatan atau batasan throttle, tetapi tes menunjukkan kecepatan transfer daya yang sebanding dengan pengisi daya cepat listrik DC (searah). Saat ini sistem ini baru bisa digunakan Fiat 500 EV.

Perlu menyesuaikan infrastruktur jalan dengan teknologi semacam ini agar semua mobil listrik bisa memanfaatkan sistem ini. Memang menjadi tugas yang sangat berat, tetapi bisa sangat berguna dalam kapasitas terbatas, seperti di jalan raya tertentu untuk transportasi umum, seperti bus listrik. Jika teknologi dapat terus berkembang dan diterapkan, akan mengurangi polusi dan lebih hemat biaya.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More