4 Tips Hindari Blind Spot pada Motor agar Terhindar dari Kecelakaan

Senin, 27 Maret 2023 - 17:18 WIB
loading...
4 Tips Hindari Blind Spot pada Motor agar Terhindar dari Kecelakaan
Ilustrasi mengantisipasi blind spot. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Mengendarai motor menjadi pilihan bagi masyarakat yang tinggal di kota besar, seperti Jakarta. Namun, pengendara motor harus lebih waspada dengan blind spot atau titik buta rawan kecelakaan.

Blind sport atau titik buta adalah area di mana pengendara tidak bisa melihat posisi kendaraan lain, baik yang ada di sisi kanan atau kiri maupun di belakang. Biasanya, ini terdapat pada kendaraan besar, tapi juga sepeda motor.

Salah satu cara untuk mengurangi blind spot adalah dengan mengatur posisi spion pada sepeda motor sebaik mungkin. Hal ini dapat mengurangi risiko kecelakaan akibat tidak menyadari kehadiran kendaraan lain.



“Dalam berkendara roda dua, penggunaan spion sepeda motor merupakan hal yang sangat vital dalam safety riding, karena dengan adanya spion, blind spot bisa dikurangi,” kata Fery Risdiyanto, instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta dalam keterangan resmi, Senin (27/3/2023).

Fery juga membagikan beberapa tips safety riding dari Yamaha Riding Academy, untuk menyiasati blind spot dari sisi pengendara maupun sisi pengendara lain:

1. Sesuaikan arah spion motor Anda sebelum memulai perjalanan, pastikan arah spion tepat meliputi arah belakang sepeda motor Anda agar dapat mengetahui kondisi di area belakang.

2. Hindari modifikasi spion yang tidak sesuai standar keselamatan, seperti mengganti dengan spion berukuran kecil. Hal ini akan memperlebar blind spot Anda sehingga lebih sulit mengetahui kondisi di belakang.



3. Nyalakan lampu utama dan gunakan pakaian yang berwarna cerah, atau yang bisa memantulkan cahaya. Hal ini berguna agar Anda dan kendaraan lebih mudah terlihat oleh pengendara atau pengguna jalan lainnya, khususnya kendaraan besar.

4. Posisikan motor Anda di tempat yang mudah terlihat oleh pengendara lain yang berada di depan. Hal ini bisa dicek apabila Anda bisa melihat wajah pengendara lain melalui spion mereka, berarti posisi Anda masih bisa dilihat pengendara tersebut melalui kaca spion.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3811 seconds (0.1#10.140)