Bongkar Kesalahan Daihatsu, Akio Toyoda Ungkap Juga Dosa-dosa Lama

Rabu, 03 Mei 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Dosa pertama yang disebut oleh Akio Toyoda terjadi pada 2009. Saat itu 10 juta mobil Toyota ditarik kembali atau recall karena cacat produksi.

Mobil-mobil Toyota itu mengalami cacat pada pedal dan karet gas. Kerusahakan ini menyebabkan mobil hilang kendali lantaran terjadi percepatan yang tak diinginkan (unintended acceleration).

Akio Toyoda mengatakan peristiwa itu sangat berbekas buat Toyota. Dia bahkan terlibat langsung untuk mengatasi masalah yang sangat pelik itu.

Sejak saat itu saya berikrar Toyota tidak boleh menutup-nutupi atau berbohong dalam menjelaskan duduk masalahnya. Saya memang menganggap hal ini sebagai masalah serius karena ini melibatkan anggota dari grup perusahaan kami," tegasnya.

Dosa kedua adalah skandal pemalsuan emisi yang dilakukan Hino pada 2022 lalu. Tidak main-main Hino melakukan pemalsuan data emisi sejak 2003 dan melibatkan banyak model.

Hino Motors awalnya hanya mengakui telah melakukan pemalsuan data emisi sejak 2016. Bahkan dalam laporan awal disampaikan mereka hanya memalsukan data emisi empat mesin dan 117.000 kendaraan



Namun setelah penyelidikan lebih lanjut, ternyata pemalsuan sudah berlangsung sekitar 20 tahun dan dilakukan secara sistematis. Laporan pun direvisi hingga melibatkan 26 mesin serta sekitar 567.000 kendaraan.

Akio Toyoda mengatakan untuk masalah Hino dia memang tidak memberikan banyak hukuman. Pasalnya saat kasus itu terjadi jabatan Akio Toyoda hanyalah President Director Toyota Motor Corporation.

Namun, saat itu pihak grup justru langsung menghentikan produksi beberapa model truk buatan Hino. Hanya saja kesalahan itu menurutnya tidak boleh menghambat produktivitas anggota grup Toyota.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2735 seconds (0.1#10.140)