Beda dengan Mobil Biasa, Ini Cara Mengaktifkan dan Melepas Rem Tangan Bus

Senin, 08 Mei 2023 - 09:05 WIB
loading...
Beda dengan Mobil Biasa, Ini Cara Mengaktifkan dan Melepas Rem Tangan Bus
Bentuk tuas dan cara pengoperasian rem tangan bus sangat berbeda dengan rem tangan mobil penumpang. Foto: dok Antara
A A A
JAKARTA - Kecelakaan bus masuk sungai yang terjadi di Guci, Tegal membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai rem tangan yang di bus. Bagaimana sih bentuk dan cara menggunakannya?

Kecelakaan bus masuk sungai terjadi di lokasi wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (8/5/2023) kemarin. Bus yang tengah dipanaskan di lokasi parkir tiba-tiba meluncur dan masuk ke sungai hingga menyebabkan penumpang yang ada di dalamnya luka-luka.

Penyebab kecelakaan hingga kini masih simpang siur. Sempat tersiar kabar bahwa bus meluncur dari lokasi parkir karena adanya dugaan seorang anak kecil yang memainkan rem tangan bus.

Pihak kepolisian setempat memang sudah membantah dugaan tersebut. Keterangan dari korban yang ada dalam bus mengatakan tidak ada anak kecil yang memainkan rem tangan bus nahas tersebut.

Pertanyaannya seberapa mudah menggunakan rem tangan bus hingga ada dugaan anak kecil jadi pelaku kecelakaan tersebut? Kanal YouTube Om Dar Family dalam salah satu unggahan video memperlihatkan bentuk rem tangan bus serta cara mengaktifkan dan melepas rem tangan.

Beda dengan Mobil Biasa, Ini Cara Mengaktifkan dan Melepas Rem Tangan Bus

Bentuk rem tangan bus. Foto: tangkapan layarYouTube Om Dar Family

Dalam video itu terlihat jelas bentuk dan cara pengoperasian rem tangan bus sangat jauh berbeda dengan rem tangan di mobil penumpang. Biasanya rem tangan mobil penumpang berada di bagian kiri sopir.

Bentuknya juga berupa tuas panjang untuk yang masih konvensional dan tombol untuk yang elektrik. Ada juga rem tangan yang berada di bagian kaki. Jadi sopir tinggal menekan pedal rem tangan yang ada di bagian bawah kaki.

Cara pengoperasian rem tangan di mobil penumpang sangat mudah. Sopir biasanya tinggal menekan sebuah tombol yang ada di bagian ujung tuas dan kemudian menarik dan menurunkan tuas rem tangan.

Lebih mudah lagi di mobil yang sudah mengaplikasikan rem tangan elektrik. Sopir tinggal terlebih dulu menekan pedal rem dan kemudian menekan tombol rem tangan elektrik. Cara melepaskannya juga sama, tekan pedal rem dan kemudian tekan tombol rem tangan elektrik untuk melepas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)