Beda dengan Mobil Biasa, Ini Cara Mengaktifkan dan Melepas Rem Tangan Bus

Senin, 08 Mei 2023 - 09:05 WIB
loading...
A A A
Bagaimana dengan rem tangan bus? Tentunya akan sangat jauh berbeda karena bus jauh lebih berat dibanding mobil penumpang. Jadi dibutuhkan rem yang dibantu oleh sistem hidrolis.

Dari situlah rem tangan bus dikenal menggunakan teknologi pneumatik. Jadi bentuk dan cara pengoperasian rem tangan pada bus memang sangat jauh berbeda dibandingkan mobil biasa.

Dalam kanal video Om Dar Family diperlihatkan rem tangan yang ada di bus Hino RK8. Di video itu terlihat posisi rem tangan ada di sebelah kanan sopir bus.

Bentuk tuasnya juga sangat kecil dibandingkan dengan tuas rem tangan mobil penumpang. Cara pengoperasiannya juga berbeda. Untuk mengkatif

Untuk mengaktifkan rem tangan bus Hino RK8 tuas justru tinggal diturunkan hingga ke bagian bawah. Di saat yang bersamaan akan terdengar bunyi suara angin yang menandakan rem tangan bus telah aktif.



Nah yang berbeda justru untuk melepaskannya karena lebih banyak langkahnya dibanding mengaktifkan. Terlebih dulu sopir harus sedikit menurunkan tuas rem tangan.

Setelahnya sopir harus menarik cincin klep yang ada di tuas rem tangan. Begitu cincin klep ditarik, untuk melepaskan rem tangan sopir tinggal melepas posisi tuas ke bagian atas. Berbarengan dengan dilepaskan tuas rem tangan akan timbul juga sensasi suara angin.

"Cukup mudah buat yang sudah paham," ujar pengunggah video di kanal YouTube Om Dar Family.

Perlu diketahui bentuk rem tangan bus beda-beda. Rem tangan di bus Mercedes-Benz OH 917 bentuk tuasnya lebih menonjol karena tidak diberikan ruangan khusus. Hanya saja pengoperasiannya masihtetapsama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)