Sigit Djokosoetono Mengenang Holden Torana, Taksi Pertama Armada Blue Bird

Senin, 05 Juni 2023 - 16:31 WIB
loading...
Sigit Djokosoetono Mengenang Holden Torana, Taksi Pertama Armada Blue Bird
Taksi pertama yang digunakan Blue Bird adalah Holden Torana tahun 1972. Foto/Instagram @sigitdjokosoetono
A A A
JAKARTA - CEO Blue Bird Sigit Djokosoetono mengenang kembali taksi pertama yang dipakai perusahaan transportasi yang sekarang berusia 51 tahun. Taksi pertama yang digunakan Blue Bird adalah Holden Torana tahun 1972.

“Holden Torana ini adalah saksi bisu dari perjalanan Bluebirdgroup selama lebih dari 51 tahun. Inilah taksi pertama blue bird group yang beroperasi di tahun 1972,” tulis Sigit Djokosoetono melalui akun Instagramnya, Senin (5/6/2023).

Sigit Djokosoetono mengunggah tiga foto Holden Torana 1972 yang terparkir di lobi kantor pusat Blue Bird, Mampang, Jakarta. Tampak mobil antik berkelir biru terlihat kinclong dan pelat nomor B 72 BBG yang masih berlaku hingga tahun 2027.

“Kalau mampir ke kantor pusat Blue Bird di Mampang, jangan lupa foto bersama mobil legendaris ini ya,” tambah Sigit Djokosoetono.



Sigit Djokosoetono Mengenang Holden Torana, Taksi Pertama Armada Blue Bird


Diketahui, Blue Bird memesan 25 unit Holden Torana 1972 sebagai armadanya ketika pertama kali beroperasi. Taksi ini produksi pabrikan otomotif Holden, sebelumnya General Motors-Holden, anak perusahaan Australia dari General Motors.

Holden Torana adalah mobil berukuran sedang yang diproduksi oleh Holden dari tahun 1967 hingga 1980. Holden Torana memiliki mesin berkapasitas 2.834 cc dilengkapi watercooled 4-stroke.

Mesin ini mampu hasilkan daya sebesar 119 HP pada putaran 4.400 RPM serta torsi 226,8 Nm pada 2.000 RPM. Lampu utamanya yang bulat dan sisi kiri-kanan grille yang menjorok ke dalam menguatkan karakter sebagai mobil Amerika.
Sigit Djokosoetono Mengenang Holden Torana, Taksi Pertama Armada Blue Bird


Taksi Blue Bird pertama ini belum dilengkapi fitur power steering dan AC. Bahkan untuk sistem hitung ongkos berdasarkan kilometer masih menggunakan alat mekanis.



Sampai sekarang, taksi lawas ini tetap terpelihara dengan baik. Taksi pertama Blue Bird Holden Torana 1972 tersisa dua unit saja. Satu unit lainnya dipajang di Museum Transportasi milik Departemen Perhubungan, Jakarta Timur.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2803 seconds (0.1#10.140)