Mengenal Sejarah Opel: dari Pembuat Mesin Jahit hingga Menjadi Produsen Mobil Terkemuka Dunia

Senin, 19 Juni 2023 - 20:52 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Opel: dari Pembuat Mesin Jahit hingga Menjadi Produsen Mobil Terkemuka Dunia
Opel merupakan salah satu produsen mobil terkemuka di dunia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Opel merupakan salah satu produsen mobil terkemuka di dunia. Didirikan oleh Adam Opel, perusahaan pembuat mobil ini memiliki sejarah panjang yang mengantarkannya menuju kejayaan.

Didirikan sekitar tahun 1860-an, Opel menjadi salah satu merek mobil paling tua di dunia. Lantas, seperti apakah sejarah dari produsen mobil asal Jerman ini?


Sejarah Opel

Pada perkembangannya, Opel telah menjelma menjadi salah satu produsen mobil terbesar di Eropa. Mengutip laman resminya, perusahaan otomotif ini dibangun oleh seseorang bernama Adam Opel sekitar tahun 1862 di Russelsheim, Jerman.

Melihat penamaannya, nama perusahaan otomotif tersebut mungkin diambil dari nama pendirinya, yakni Adam Opel. Dalam sejarahnya, terdapat catatan menarik yang dimiliki Opel ini.

Alih-alih langsung berbentuk sebuah perusahaan pembuat mobil, Opel dulunya diketahui berawal dari sebuah produsen mesin jahit. Seiring berjalannya perusahaan, Adam Opel selaku pemilik memutar otak untuk mengeluarkan produk baru.

Pada tahun 1886, Opel mulai memproduksi sepeda roda tinggi atau lebih dikenal Penny-farthing. Terbukti, produk tersebut cukup sukses dan banyak disukai berbagai kalangan.

Pasca meninggalnya Adam Opel tahun 1895, roda perusahaan dilanjutkan para penerusnya. Sekitar tahun 1899, Opel memulai babak baru dengan memproduksi kendaraan yang lebih canggih, yakni mobil.



Setelahnya, Opel resmi bergabung bersama jajaran pioneer otomotif di akhir abad ke-19. Sebut saja seperti Daimler, Benz, hingga Peugeot.

Musim semi tahun 1899, produksi mobil pertama Opel dibangun di Russelsheim. Sayang, produk yang dikeluarkannya kala itu masih terbilang kurang sukses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)