8 Bus Termewah di Dunia, Bikin Perjalanan Makin Nyaman

Minggu, 30 Juli 2023 - 18:16 WIB
loading...
A A A
Scania Touring sendiri dijuluki sebagai the explore atau penjelajah, karena karakter bus ini sangat cocok untuk berpetualangan atau untuk armada pariwisata. Itu dikarenakan bus memiliki performa tangguh dan memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

5. Neoplan Starliner


Model bus Neoplan Starliner sangat unik dan terkesan berbeda dari bus-bus buatan karoseri lainnya. Namun, desain tersebut memberikan karakter yang kuat pada bus tersebut, terutama pada bagian depan yang membuatnya terlihat lebih lebar dan besar.

Selain itu, bus ini juga menawarkan keamanan, kenyamanan, ditambah panoramic view menambah nilai dari bus ini. Memiliki kaca yang sangat lebar pada bagian depan, dan kaca kecil di bagian atap, membuat penumpang merasa bagian dalam bus lebih lebar.

Salah satu karoseri asal Indonesia yang meniru desain tersebut adalah Tentrem yang menamakan bodi buatan mereka dengan sebutan Avante. Namun, Tentrem tak menambahkan kaca pada bagian atap karena difungsikan sebagai bagasi.

6. Setra


Setra masih memiliki hubungan dangan Travego karena masih berdiri di bawah atap Evobus. Desain bus ini menjadi inspirasi karoseri di Indonesia, terutama pada bagian selendang yang kerap dijumpai pada bodi Legacy Sky besutan Laksana.

The stylist atau bergaya merupakan julukan Setra, karena modelnya tak habis di makan usia, meski modelnya diperkenalkan sejak 2013 lalu. Bahkan, hingga saat ini banyak bus yang masih menggunakan bodi tersebut.

Di Indonesia juga banyak karoseri yang meniru desain bus Setra sama persis dengan model aslinya. Itu karena desainnya yang sangat sederhana tapi tetap terlihat sporty dan tak membosankan saat dipandang dalam waktu lama.

7. Travego


Travego menjadi bus terbaik karena memiliki desain yang sangat sederhana, tapi tetap memperlihatkan kemewahan. Bodi bus ini bisa dilihat di Indonesia melalui rancangan karoseri Adiputro pada model Royal Coach dan Jetbus Series.

Travego juga biasanya menggunakan sasis dari Mercedes-Benz yang dikenal memberikan kemewahan dan kenyamanan. Sama halnya dengan Adiputro yang kerap memasangkan bodi Royal Coach dan Jetbus Series pada sasis produsen asal Jerman itu.

8. Dream Sleeper

Salah satu operator bus di Jepang, Kanto Bus Co., Ltd menyedikan layanan sleeper bus termewah. Namun, tak seperti bus rebahan pada umumnya, armada bernama Dream Sleeper ini memiliki konsep seperti hotel kapsul.

Dikutip dari kanal YouTube Solo Travel, bus Dreem Sleeper melayani perjalanan dari Tokyo menuju Osaka yang memakan waktu lebih dari 8 jam. Salah satu cara untuk naik bus ini melalui stasiun bus Ikebukuro.

Konsepnya memang mirip dengan bus jenis suite class di Indonesia, di mana kursinya bisa dibuat rata. Namun, demi meningkatkan kenyamanan, bus ini hanya menampung 11 orang, dengan enam kursi di sisi kiri dan lima kursi di baris kanan.

Perbedaan terbesar adalah setiap kursi dipisahkan dengan sekat dengan pintu geser yang membuat setiap penumpang memiliki ruang privasinya masing-masing. Bahkan dilengkapi dengan tirai, baik di bagian jendela maupun di bagian pintu geser.

Penumpang juga akan mendapatkan selimut, baju untuk tidur, penutup mata, hingga penutup telinga yang dapat membuat tidur semakin nyaman. Pengoperasian kursi juga sudah full electric sehingga memudahkan penumpang mendapatkan posisi ternyaman.

Bus Dream Sleeper juga menyediakan satu toilet dengan closet yang sepenuhnya dioperasikan dengan elektrik. Semua kebutuhan penumpang di dalam toilet tersebut juga sangat lengkap.

Kru bus juga akan mendatangi tiap-tiap kamar untuk memberikan air mineral dan sapu tangan sebagai bagian dari layanan. Selain itu, layaknya perjalanan dengan pesawat first class, fasilitas seperti baju ganti, peralatan mandi, masker mata hingga sandal tersedia.

Perjalanan dari Tokyo ke Osaka memiliki satu kali istirahat di area servis selama 10 menit. Saat istirahat, penumpang diberi name tag agar memudahkan identifikasi saat bus akan berangkat karena area istirahat gabung dengan bus lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)