Perbedaan Gaya Konsumen Bikin Tesla Lebih Pilih Malaysia Dibanding Indonesia

Rabu, 02 Agustus 2023 - 06:48 WIB
loading...
Perbedaan Gaya Konsumen Bikin Tesla Lebih Pilih Malaysia Dibanding Indonesia
Diketahui Tesla hadir di Malaysia pada 20 Juli 2023 lalu dan langsung menghadirkan mobil listrik baru Tesla Model Y. Foto/EV Data Base
A A A
JAKARTA - Kehadiran Tesla di Malaysia secara tiba-tiba membuat Indonesia terkejut. Padahal banyak yang berharap perusahaan mobil listrik milik Elon Musk hadir di Indonesia.

Akshay Prasad, Manager Arthur D Little (ADL) Asia Tenggara, dalam pemaparan laporan ADL bertajuk Unleashing Indonesia's Electric Mobility Potential, menganalisa Tesla lebih memilih Malaysia ketimbang Indonesia karena faktor konsumen. "Faktor preferensi konsumen di Malaysia yang lebih baik akhirnya membuat Tesla lebih memilih Malaysia," ujarnya, Selasa (1/8/2023).

Menurut dia konsumen Malaysia sangat berbeda dengan konsumen di Indonesia. Masyarakat Malaysia memiliki pendekatan yang berbeda dalam memahami keberadaan mobil listrik.



Alasan selanjutnya adalah masyarakat Malaysia juga tidak akan keberatan dengan harga mobil listrik yang jauh lebih mahal ketimbang mobil konvensional. Mereka tidak akan sungkan mengeluarkan uang lebih mahal 20% untuk mendapatkan mobil yang lebih premium.

Hal itu menurut Akhsay Prasad tidak dimiliki oleh konsumen di Tanah Air sehingga Tesla tertarik hadir di negeri Tanah Melayu Adat. "Hal yang sama juga terjadi di India di mana konsumennya mirip dengan di Indonesia," terangnya.
Perbedaan Gaya Konsumen Bikin Tesla Lebih Pilih Malaysia Dibanding Indonesia


Diketahui Tesla hadir di Malaysia pada 20 Juli 2023 lalu dan langsung menghadirkan mobil listrik baru Tesla Model Y. Total ada tiga varian Tesla Model Y yang dipasarkan di Malaysia, yaitu Tesla Model Y Standard Range RWD, Tesla Model Y Long Range AWD, dan Tesla Model Y Performance AWD.

Menariknya ketiga varian Tesla itu justru jauh lebih murah dibanding harga Tesla Model Y yang dijual di Indonesia. Varian entry level Tesla Model Y Standard Range RWD dijual di harga 199.000 Ringgit atau mencapai Rp653 juta.



Begitu juga dengan Tesla Model Y Longe Range AWD yang dijual di harga 246.000 Ringgit atau mencapai Rp807,6 juta. Varian termahal Tesla Model Y Performance AWD juga masih lebih murah dibanding di Indonesia karena dijual di angka 288.000 Ringgit atau sekitar Rp945,5 juta.

Daftar harga tersebut memang jauh lebih kompetitif dibanding dengan harga Tesla Model Y di Indonesia yang rata-rata dibawa ke Tanah Air melalui importir umum (IU). Ambil contoh Prestige Motor, importir umum yang dimiliki oleh pengusaha terkenal Rudy Salim.

Di situs resmi Prestige Cars, Tesla Model Y dijual di harga Rp1,8 miliar. Itu pun harga tesla Model Y entry level yakn Standard Range RWD.Harganya bisa tiga kali lipat dari varian sama yang dijual di Malaysia.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)