Ini Alasan Kepala Truk di Indonesia Berwarna Kuning

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 16:45 WIB
loading...
Ini Alasan Kepala Truk di Indonesia Berwarna Kuning
Semua truk yang beredar di Indonesia memiliki kepala atau kabin pengemudi dengan warna yang sama, yaitu kuning. Foto/Muhamad Fadli Ramadan
A A A
JAKARTA - Semua truk yang beredar di Indonesia memiliki warna kepala atau kabin pengemudi yang sama, yaitu kuning. Biasanya, truk dengan kepala berwarna kuning terdapat pada kendaraan niaga ringan untuk mengangkut hasil pertanian, namun belakangan semua pemilik truk ikut menggunakan warna kuning.

Penggunaan truk kepala kuning diawali oleh salah satu produsen, yaitu Mitsubisi Colt. Ini membuat pihak karoseri juga ikut mengecat bak buatannya yang dipasangkan ke sasis truk dengan warna kuning.

Duljatmono, Marketing Director Sales & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengungkapkan sejarah kepala truk Fuso Canter berwarna kuning. Dia mengatakan pemilihan warna kuning ini merupakan sebuah ketidaksengajaan, namun menjadi kunci keberhasilan.



“Kuning itu dari dulu. Pasti ada historicalnya (sejarahnya). Dulu itu pertama-tama warnanya abu-abu, terus tahun berapa itu saya lupa kita ganti kuning. Terus kok demand-nya semakin membesar untuk yang warna kuning,” kata Duljatmono saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (4/3/2023).

Pria yang akrab disapa Pak Momon itu mengatakan bahwa penggunaan kepala truk berwarna kuning juga memudahkan masyarakat dalam mencirikan kendaraan. Alasan itu yang membuat Mitsubishi Fuso akhirnya mempertahankan warna tersebut.

“Masyarakat gampang nyebutnya pala kuning. Akhirnya pala kuning gak diganti-ganti sampai sekarang, karena masyarakat akui gampang ngomongnya pala kuning. Itu identik dengan truk diesel, Canter,” ujarnya.

Hingga saat ini, Mitsubishi Fuso terus mengembangkan produknya dan mengikuti permintaan konsumennya. Salah satunya adalah truk Fuso Canter Cold Chain atau truk dengan box pendingin untuk menjaga kualitas komoditas dan makanan sampai tujuan.



Unit demo truk cold chain diserahkan kepada Mitsubishi Fuso kepada PT Pos Logistik Indonesia (Poslog) untuk bantuan kemanusiaan. Nantinya, truk itu akan digunakan untuk mengantar bahan makanan untuk menggalakkan program pencegahan stunting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)