Menperin Tegaskan Rencana Tesla Bangun Pabrik di Indonesia Masih Belum Jelas

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:26 WIB
loading...
Menperin Tegaskan Rencana Tesla Bangun Pabrik di Indonesia Masih Belum Jelas
Rencana Tesla Bangun Pabrik di Indonesia Masih Belum Jelas. FOTO/ CARSCOOPS
A A A
TANGERANG - Menteri Perindustrian ( Menperin) Agus Guniwang Kartasasmita menegaskan bahwa Indonesia membuKa pintu untuk seluruh produsen.

BACA JUGA - GIIAS 2023 Akan Banyak Memajang Kendaraan Listrik

Ia memastikan pemerintah tidak hanya fokus membawa satu pabrikan saja untuk berinvestasi di Tanah Air.

Seperti diketahui, Tesla dikatakan sebagai salah satu produsen yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Tetapi, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai kapan mereka akan merealisasikan hal tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menperin Agus Gumiwang menegaskan pemerintah akan memberikan insentif pada produsen yang memang serius membangun pabrik di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah tak hanya fokus menggaet satu produsen.

"Insentif tidak hanya untuk Tesla, tapi seluruh pabrikan EV di dunia. Kita tidak hanya menyasar 1 perusahaan," kata Menperin Agus Gumiwang saat ditemui di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (10/8/2923).

Sekadar informasi, pemerintah saat ini sedang menggodok untuk aturan untuk membebaskan pajak mobil listrik. Ini dilakukan guna menarik banyak investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Namun, Menperin menegaskan bahwa mereka yang ingin masuk dalam program tersebut syarat utamanya adalah memiliki pabrik di Indonesia.

"Itu nantu bagian dari insentig yang akan diluncurkan pemerintah untuk menarik investasi. Jadi insetif yang kita berikan bukan untuk impor, tapi menarik investasi mobil ev masuk indonesia," ujar Menperin.

"Jadi kalau dia ga investasi, dia ga akan dapat insentuf. Jadi wajib punya pabrik," tambahnya.

Menperin juga sebelumnya sudah mengungkapkan bahwa ada 4 produsen yang akan membangun pabrik di Indonesia. Salab satunya adalah BYD yang telah memasarkan kendaraan listriknya di Tanah Air.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7446 seconds (0.1#10.140)