4 Cara Atasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter

Kamis, 07 September 2023 - 12:00 WIB
loading...
4 Cara Atasi Mobil yang Tidak Bisa Distarter
Komponen wajib yang harus dicek saat mobil tak mau distarter adalah aki mobil. (Foto: Ist)
A A A
JAKARTA - Mobil yang tidak bisa distarter adalah salah satu masalah bagi para pemilik kendaraan roda empat. Jika mengalami hal tersebut, jangan panik. Tinggal cek aki, dinamo dan busi mobil.

Berikut adalah empat cara mudah mengatasi mobil yang tidak bisa distarter, dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/9/2023).

1. Periksa Dinamo Starter

Ketika mobil distarter, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek dinamo starter. Komponen penting ini memiliki tugas untuk memutar poros engkol melalui bantuan aki (baterai).

Mobil yang tidak bisa distarter, biasanya akan memunculkan suara tek tek yang menjadi tanda adanya kerusakan pada salah satu komponennya. Nah, baut khusus yang longgar pada dinamo starter ini bisa menjadi penyebab munculnya suara tersebut.


Maka dari itu, segera kencangkan baut pengikatnya. Namun, jika lubang baut sudah aus, pembubutan baiknya dilakukan sesegera mungkin. Tujuannya agar dinamo starter tidak mengalami getaran saat mesin dinyalakan (distarter).

2. Jumper Aki

Selain dinamo, komponen wajib yang juga harus dicek adalah aki mobil. Jika dalam kondisi darurat mobil tidak bisa distarter, jumper aki bisa langsung dilakukan. Jumper aki merupakan langkah guna memancing aki agar bisa berfungsi kembali. Dibutuhkan aki lain yang menjadi pendonor bagi aki soak.

Peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan jumper aki sangat sederhana, yakni aki dan kabel jumper. Mobil harus dalam keadaan diam dan didekatkan dengan lokasi aki donor. Untuk melakukan jumper aki, Anda hanya perlu menghubungkan kedua aki menggunakan kabel jumper merah. Jika sudah, kabel jumper bisa dilepaskan.

3. Bersihkan Busi

Kemungkinan lain dari sulitnya mobil saat distarter adalah busi mobil yang kotor. Cek segera kondisi busi mobil dan lakukan pembersihan. Caranya dengan mengamplas dan mengikis debu karat hingga busi kembali bersih. Busi harus diganti jika mobil tetap tidak bisa distarter meskipun busi sudah dibersihkan.



4. Servis Berkala

Servis dan pengecekan mobil yang dilakukan secara berkala tentunya akan meminimalisir kerusakan, termasuk masalah mobil tidak bisa distarter. Sebagai pengendara, wajib mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan servis.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat jarak tempuh mobil. Batas wajar jarak tempuh mobil dapat dilihat di buku panduan yang didapat ketika membeli mobil. Lantas, apa manfaat melakukan servis rutin? Mobil jelas akan selalu berada dalam kondisi prima, menjadi lebih awet, dan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)