Jokowi Jajal Taksi Terbang EHang 216 yang Dipesan Kepolisian

Sabtu, 30 September 2023 - 19:37 WIB
loading...
Jokowi Jajal Taksi Terbang EHang 216 yang Dipesan Kepolisian
Presiden Jokowi menjajal taksi terbang EHang 216 di pameran Hub SPACE 2023. (Foto: Instagram @sandiuno)
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi menjajal taksi terbang EHang 216 di pameran Hub SPACE 2023. Terlihat kepala negara duduk di kabin taksi terbang, Jumat (29/9/2023).

Dalam kesempatan ini Jokowi didampingi Rudy Salim, Executive Chairman Prestige Aviation, perusahaan yang mengimpor EHang 216 dari China. Namun, taksi ini tidak terbang ke udara.

Kendaraan konsep pesawat drone otonom itu diboyong oleh Prestige Aviation yang merupakan importir umum. Meski sudah dijual secara bebas, masyarakat umum belum bisa memiliki taksi terbang tersebut?

Sebab, kendaraan masa depan itu belum mendapatkan izin operasi di Indonesia dan masih melakukan pengujian.
“Ini sudah dijual, tapi belum ada izinnya. Kalau mau beli juga enggak sembarangan, pas pesan kita survei dulu rumah yang mau beli. Memungkinkan atau tidak untuk parkir EHang,” kata wiraniaga Prestige di pameran IIMS 2023, beberapa waktu lalu.



EHang 216 telah diuji coba di Bali dan IIMS Hybrid 2022 di Kemayoran, Jakarta. Dua momen uji coba berjalan lancar.

Taksi terbang EHang 216 ini ditujukan untuk penumpang komersial. Untuk harga sewanya relatif murah, hanya sekitar ratusan ribu rupiah per 6 atau 12 menit. Harga sewanya bisa murah karena menggunakan listrik, jadi jauh lebih murah dibanding menggunakan BBM pesawat konvensional.

Pengujian EHang 216 akan terus dilakukan. Begitu pula dengan izin operasionalnya. Setelah izin didapatkan, maka hanya butuh beberapa bulan untuk mengirim EHang 216 ke konsumen.

“Indennya 4 bulan saja mas. Kalau sudah pesan sekarang itu bisa langsung dapat unitnya 4 bulan setelah izin didapatkan. Kalau yang urus izinnya itu langsung Pak Rudy, sudah diuji juga di Bali,” ucap tenaga penjual tersebut.

Untuk saat ini, wiraniaga tersebut mengatakan pemesan EHang 216 baru dari instansi pemerintahan, yakni Kepolisian. Namun, belum ada pengiriman yang dilakukan karena masih menunggu izin laik terbang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3059 seconds (0.1#10.140)