Ini Bukti Taiwan Memainkan Peran Penting dalam Industri Semikonduktor Dunia

Senin, 03 Agustus 2020 - 18:34 WIB
loading...
Ini Bukti Taiwan Memainkan Peran Penting dalam Industri Semikonduktor Dunia
MediaTek menjadi perusahaan Taiwan yang terus sibuk memproduksi chipset kuat di semua segmen handphone. Foto/Ist
JAKARTA - Taiwan memegang peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia. Tak percaya? (Baca juga: Taiwan Waswas Ancaman Militer China Meningkat )

Ponsel pintar, laptop, komputer desktop, tablet iPad, dan produk informasi lainnya yang Anda gunakan untuk membaca artikel ini, bagian terpenting di dalamnya terdapat CPU (Central Processing Unit). Bagian ini bertanggung jawab untuk memproses dan menghitung data, chip memori untuk menyimpan data, chip yang menerima dan mengirim sinyal jaringan dan signal GPS. Semua itu dikenal sebagai sirkuit terintegrasi (IC, Integrated Circuit).

IC terdiri dari komponen seperti transistor dan wafer yang menggunakan "semikonduktor" sebagai bahan baku. Oleh karena itu, industri semikonduktor dapat dikatakan sebagai dasar bagi kemajuan teknologi informasi saat ini. Industri semikonduktor dari hulu, tengah hingga hilir dibagi menjadi empat proses utama, yaitu perancangan (design), pembuatan (foundry), pengemasan (package), dan pengujian (test) IC.

Yang menakjubkan, di Taiwan, yang merupakan negara kecil, memiliki rantai industri semikonduktor terlengkap di dunia, dan nilai produk dari setiap proses produksi IC memiliki posisi dominan di pasar global. Misalnya, nilai produk Taiwan dalam perancangan IC adalah yang kedua di dunia, nilai produk pembuatan IC adalah yang pertama di dunia, dan nilai produk pengemasan dan pengujian IC juga yang pertama di dunia.

Dalam siaran persnya, Taipei Economic and Trade Office (TETO), menungkapkan, total nilai produk semua perusahaan semikonduktor Taiwan pada 2019 mencapai NTD 2,7 triliun (sekitar Rp1.350 triliun). Atau peringkat kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Jika melihat secara tersendiri untuk IC foundry di seluruh dunia, kinerja Taiwan di bidang ini bahkan lebih menonjol. Karena kebutuhan teknologi dan modal yang sangat tinggi untuk memproduksi IC, tidak banyak perusahaan di dunia yang dapat melakukannya. Di antaranya, TSMC Taiwan adalah perusahaan IC foundry terbesar di dunia dalam hal nilai total produksi, UMC berada di peringkat ketiga, dan Powerchip di peringkat keenam yang juga merupakan perusahaan Taiwan.

Chip IC yang diproduksi oleh tiga perusahaan Taiwan ini menyumbang lebih dari 60% dari pasar IC foundry dunia. Ini berarti sebagian besar dari semua peralatan IT di dunia harus bergantung pada berbagai chip IC yang diproduksi oleh perusahaan Taiwan, baru bisa berjalan.

Berita paling menggemparkan di industri teknologi global baru-baru ini, yakni Intel, yang dikenal karena produksi CPU komputernya, pada akhir Juli tahun ini mengumumkan bahwa produk proses 7nm (7nm process) harus ditunda karena beberapa alasan. Intel merupakan produsen semikonduktor utama di Amerika, yang telah melakukan bisnis seperti perancangan IC dan pembuatan IC.

Selama bertahun-tahun Intel tidak perlu meminta perusahaan lain untuk memproduksi CPU dan chip utama lainnya. Namun, pengumuman Intel pada bulan Juli tahun ini menunjukkan bahwa perusahaan mengalami kesulitan dalam memproduksi chip kelas atas. Satu-satunya produsen di dunia yang mampu memproduksi chip 7nm adalah Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dan Samsung Korea Selatan.

Namun karena kapasitas produksi dan tingkat hasil TSMC lebih tinggi dari Samsung, diperkirakan Intel akan menugaskan TSMC untuk memproduksi chip kelas atas. Diperkirakan pada 2025, lebih dari setengah CPU komputer Windows dunia akan diproduksi oleh TSMC. Ini mengindikasikan beberapa hal. Pertama, Intel, yang telah menguasai teknologi manufaktur semikonduktor paling canggih selama bertahun-tahun, telah kehilangan posisi terdepan, mengakhiri era ketika AS mendominasi industri semikonduktor.
halaman ke-1
Komentar Anda