Terinspirasi IKEA, Mobil Mungil Luvly O Bisa Dirakit seperti Lego

Selasa, 10 Oktober 2023 - 19:00 WIB
loading...
A A A
Ide pengiriman perangkat ke pabrik perakitan di kota-kota kecil terinspirasi dari produk-produk furnitur IKEA. Lutz mengatakan bahwa Luvly mencoba melakukan hal yang sama untuk mobil seperti yang dilakukan IKEA untuk perabot rumah, dengan kualitas dan desain bagus, tapi harganya terjangkau dan efisien untuk semua orang.

Luvly O masuk dalam kategori kendaraan perkotaan ringan atau mikromobil. Mobil kecil sendiri telah terbukti reputasinya sebagai kendaraan handal di jalan-jalan perkotaan sejak 1950-an. BMW Isetta yang ikonik, dengan berat 350 kilogram, mempopulerkan gaya mobil gelembung yang terus menginspirasi desain kendaraan ringan modern.

Meski mikromobil terlihat lucu, namun memiliki reputasi sebagai kendaraan yang tidak aman. Tinggi rendah, rangka ringan, dan zona deformasi depan yang terbatas berarti bahwa dalam kecelakaan, terutama dengan mobil lain, pengemudi dapat mengalami cedera lebih serius dibandingkan dengan mobil penumpang.

"Agar kendaraan ringan dapat bersaing dengan mobil, dan mudah-mudahan mengungguli mobil, mereka harus aman. Orang tidak akan menerima jika Anda beralih dari mengemudikan SUV ke mengemudikan sesuatu yang pada dasarnya adalah skuter dengan cangkang," kata Lutz.

Untuk mengatasi hal ini, Luvly mengambil inspirasi dari mobil Formula 1, yang dibangun dengan rangka yang ringan namun kuat. Rangka Luvly O memiliki struktur sandwich dengan lapisan aluminium diapit oleh busa plastik ringan di kedua sisinya. Lutz mengatakan bahwa jika mobil mengalami kecelakaan, gaya akan diserap oleh bantalan dan melindungi pengemudi.

Meskipun pengujian tabrakan tidak diwajibkan, Lutz mengatakan perusahaan telah melakukan simulasi komputer. "Menggunakan komputer tidak murah, tetapi jauh lebih murah daripada menabrak hal-hal (nyata)," katanya.

Namun, mikromobil bukan tujuan utama dari Luvly. Perusahaan ini berencana melisensikan kerangka datar dari kendaraan ringan berpatennya kepada produsen mobil lain untuk membangun versi mereknya sendiri. "Kami tidak membayangkan akan menjadi produsen besar kendaraan, tetapi kami mengantisipasi bahwa kami akan menjadi produsen kendaraan minor, untuk mempromosikan dan mengembangkan teknologi ini," kata Lutz.

Meskipun preferensi konsumen semakin beralih ke model mobil yang lebih besar, Luvly bukanlah satu-satunya yang memodernisasi mikromobil. Pada 2020, produsen otomotif Prancis, Citroën, memperkenalkan Ami, mikromobil listrik dua kursi berbobot 483 kilogram, yang kemudian diikuti oleh merek Jerman Opel dan produsen mobil Italia, Fiat.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)