Terlalu Canggih, Kolaborasi Honda-Sony Afeela Disebut Sebagai Komputer Beroda

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 07:09 WIB
loading...
Terlalu Canggih, Kolaborasi Honda-Sony Afeela Disebut Sebagai Komputer Beroda
Afeela saat ini masih dalam bentuk purwarupa dan mulai menerima pesanan pada 2025 mendatang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mobil kolaborasi terbaru Honda-Sony dianggap sebagai “komputer di atas roda” . Sebab, kendaraan tersebut dibekali fitur-fitur berteknologi tinggi yang sebelumnya hanya kita lihat di film layar lebar.

Sony dan Honda memang sudah memamerkan Afeela, upaya mereka untuk menciptakan kendaraan listrik jenis baru. Axios menggambarkan purwarupa Afeela sebagai “mobil listrik yang sangat tampan” dan gambaran kendaraan “komputer di atas roda.”

Sebab, mobil tersebut mencakup fitur-fitur seperti AI, augmented reality, dan virtual reality. Dengan semakin banyaknya mobil yang menggunakan listrik dan otonom, pengalaman penumpang juga semakin penting. Termasuk, termasuk penerapan perangkat lunak yang tepat di setiap kendaraan.

Terlepas dari fitur-fiturnya, pabrikan otomotif berupaya “ngebut” untuk bertransisi ke kendaraan listrik secepat mungkin. Penelitian menyebut bahwa sumber polutan udara industri berbahaya di AS yang juga berbahaya bagi kesehatan manusia, 30% berasal dari industri transportasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun baterai yang dibutuhkan untuk mobil listrik memiliki jejak karbon lebih besar dibanding baterai yang digunakan pada mobil berbahan bakar bensin, kendaraan listrik masih jauh lebih baik bagi lingkungan dalam jangka panjang.

Untungnya, industri otomotif terus berkembang menuju masa depan yang lebih bertenaga listrik dan lebih sedikit polusi sambil juga menerapkan fitur-fitur khusus.

Punya Banyak Sekali Fitur
Terlalu Canggih, Kolaborasi Honda-Sony Afeela Disebut Sebagai Komputer Beroda

Afeela sendiri hadir dengan sederet fitur menarik, misalnya dashboard layar sentuh yang memanjang selebar mobil dan menawarkan film layar penuh. Kemudian, ada remote play PlayStation 5 dengan pengontrol (untuk penumpang atau digunakan saat parkir), musik, dan navigasi.

Mobil itu juga memiliki teknologi pengenalan wajah, yang sudah umum pada gelombang produksi kendaraan listrik baru-baru ini, bersama dengan layar eksterior di gril depan, yang dapat menampilkan cuaca, status pengisian daya, atau bahkan skor pertandingan olahraga.

Afeela juga bukan satu-satunya merek mobil yang menerapkan teknologi semacam ini. TCD baru-baru ini melaporkan bahwa merek mobil mewah Genesis mengumumkan bahwa SUV listrik GV60 miliknya kini dapat dioperasikan menggunakan teknologi biometrik mutakhir.

Terlalu Canggih, Kolaborasi Honda-Sony Afeela Disebut Sebagai Komputer Beroda

“Afeela mewakili konsep tentang hubungan interaktif di mana orang merasakan sensasi mobilitas interaktif dan di mana mobilitas dapat mendeteksi dan memahami orang dan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi penginderaan dan AI,” kata CEO Sony Honda Mobility Yasuhide Mizuno, seperti dilansir The Verge.



Eksterior kendaraan akan dilengkapi lebih dari 40 sensor, termasuk kamera, radar, ultrasonik, dan lidar, yang secara signifikan akan meningkatkan kemampuannya untuk mendeteksi objek dan beroperasi secara mandiri, menurut The Verge.

Sony Honda Mobility, perusahaan patungan yang bertanggung jawab atas merek Afeela, bermaksud untuk memulai pemesanan pada 2025, dan pengiriman di Amerika Serikat dijadwalkan akan dimulai padatahun2026.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2143 seconds (0.1#10.140)