5 Penyebab Motor Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Jika kabel konslet atau putus, maka aliran listrik akan terganggu atau terputus. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa dan memperbaiki kabel yang bermasalah.

4. Terminal Aki Kotor atau Karatan


Terminal aki yang bermasalah karena kotor atau karatan termasuk salah satu penyebab starter motor tidak bisa menyala. Terminal aki sendiri merupakan komponen yang menghubungkan aki dan kabel.

Jika terminal aki kotor atau karatan, maka hubungan antara aki dan kabel akan kurang baik dan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Cara mengatasi masalah ini dengan membersihkan terminal aki dari kotoran atau karat dengan amplas atau sikat baja.

5. Busi Basah atau Kotor


Busi sendiri berfungsi untuk membangkitkan api dan membakar campuran bahan bakar yang ada di dalam ruang bakar mesin motor. Jika busi bermasalah, maka motor tidak akan hidup karena api tidak menyala.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan busi dari kotoran atau cairan dengan lap kering atau amplas halus. Dengan begitu, motor bisa langsung menyala karena busi dalam keadaan baik.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi motor tidak bisa distarter. Namun, apabila motor tidak bisa langsung menyala dengan cara tersebut, maka Anda bisa membawanya ke bengkel resmi sepeda motor.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2825 seconds (0.1#10.140)