IKN Wajibkan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Stasiun Pengisian hingga Penukaran Baterai

Selasa, 21 November 2023 - 08:57 WIB
loading...
IKN Wajibkan Kendaraan Listrik, PLN Siapkan Stasiun Pengisian hingga Penukaran Baterai
PT PLN (Persero) mengaku siap untuk membangun infrastruktur ekosistem kendaraan listrik di IKN. Foto: PLN
A A A
JAKARTA - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mewajibkan penggunaan kendaraan listrik seperti yang diinstruksikan Presiden RI Joko Widodo. Maka, PT PLN (Persero) mengaku siap untuk membangun infrastruktur ekosistem kendaraan listrik.

Dalam kunjungan ke Amerika Serikat, Jokowi sempat mengisi kuliah umum di Universitas Georgetown, Washington DC.

Presiden mengungkapkan bahwa nantinya IKN akan berkonsep serba hijau dan penghuninya wajib menggunakan kendaraan listrik.

“(Sekitar) 80 persen akan menggunakan transportasi publik kendaraan listrik dan penghuninya 100 persen harus menggunakan kendaraan listrik. Sehingga nanti akan menjadi kota yang betul-betul hijau yang layak untuk dihuni bersama-sama,” kata Jokowi.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung keseriusan pemerintah untuk membangun IKN Nusantara dengan konsep ramah lingkungan. Seluruh mobilitas di IKN, akan menggunakan moda transportasi listrik berbasis baterai.

“Karena IKN ini akan menjadi kota yang futuristik, di mana semua moda transportasi yang digunakan harus ramah lingkungan, maka kami siap mendukung kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi.

Hal ini dilakukan PLN sebagai upaya mendukung program pemerintah dengan target net zero emission pada 2060. Oleh sebab itu, dibangun sejumlah infrastruktur pendukung yang dapat mempermudah mobilitas kendaraan listrik.

PLN berencana membangun 19 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 2024. PLN juga memastikan SPKLU tersedia di kota-kota penyangga IKN, seperti di Balikpapan dan Samarinda.

Saat ini, telah dibangun sebanyak 9 SPKLU yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Jumlah tersebut rencananya akan bertambah hingga 31 unit pada 2024.

Tidak hanya SPKLU, PLN juga akan menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Sealin itu, akan dibangun juga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di IKN dan kota sekitar IKN.



Secara nasional hingga Oktober 2023, PLN telah menyediakan 622 unit SPKLU, 1.839 unit SPBKLU dan 9.139 unit SPLU. Darmawan mengatakan kelistrikan IKN Nusantara akan didukung oleh pembangkit listrik dari sumber energi baru dan terbarukan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 50 MW.

“Kami juga akan melakukan pemetaan dan pemanfaatan hidro di sekitar IKN dengan potensi listrik yang dihasilkan sebesar 1.000 MW. Sehingga sistem kelistrikan IKN Nusantara akan berasal dari energi baru dan terbarukan 100 persen,”ucapDarmawan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)