Tesla Versus Mobil Balap F1, Siapa Pemenangnya?

Senin, 04 Desember 2023 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Dampak fisik dari gaya turun membuat berat mobil meningkat beberapa kali lipat pada kecepatan tinggi ketika gaya gravitasi (g-force) berkali-kali pada mobil. Dengan demikian, pada kecepatan tinggi, torsi traksi beberapa kali lipat dapat diterapkan pada mobil balap oleh mesin.

Kondisi ini memungkinkan untuk berakselerasi dengan tajam, dan mencapai 100 km/jam hingga 200 km/jam dalam sekitar 1,8 detik, yang jauh lebih cepat daripada Tesla dalam sekitar 4 detik. Gaya turun ini adalah hasil aerodinamika mobil F1 dan secara signifikan meningkatkan kecepatan tikungan.

Sementara desain mobil Tesla bertujuan untuk meminimalkan hambatan aerodinamis, mobil F1 dirancang untuk meningkatkan hambatan udara guna menciptakan gaya turun vertikal yang bertindak untuk menekan mobil ke jalan dan meningkatkan g-force. Ini terjadi dengan biaya hambatan aerodinamis yang lebih tinggi.

Pada kecepatan 150 km/jam, aerodinamika mobil F1 menghasilkan gaya g yang cukup untuk menggandakan berat mobil. Hambatan aerodinamis dan gaya turun keduanya meningkat.

Pada kecepatan 300 km/jam, mobil menciptakan gaya turun yang empat kali berat mobil. Sementara akselerasi tajam tidak mungkin bagi mobil F1 pada 300 km/jam karena keterbatasan mesin. Mungkin karena rem pada roda belakang dan depan serta hambatan drag yang besar pada kecepatan tinggi digunakan untuk dengan cepat mengurangi akselerasi kendaraan.

Pemenang: F1


Balapan ketiga menggunakankecepatan maksimal. Kecepatan maksimal untuk Tesla Model S Plaid produksi adalah 282 km/jam (175,3 mph), tetapi F1 dengan mudah memenangkan ini. Kecepatan tertinggi dalam balapan F1 adalah 372,5 km/jam (231,5 mph) yang dicapai oleh Valtteri Bott.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)