Test Drive Chery Omoda GT AWD Jakarta-Surabaya, Apa Plus Minusnya?

Rabu, 10 Januari 2024 - 19:07 WIB
loading...
A A A
SINDONews suka dengan velg lebar 19 inci dan profil ban 235/50 membuat pengemudi lebih pede bermanuver atau melibas jalanan makadam.
Sayangnya, menurut SINDONews suspensi Chery Omoda 5 GT masih terlalu keras walau sudah dibekali independent multi-link. Ya, dampak positifnya memang lebih pede saat menyalip di jalanan tol Transjawa.

Tapi, di pemakaian harian, suspensi yang keras cukup bikin “gedubrakan” ketika sekadar melewati polisi tidur yang cukup tinggi.

11. 6 Mode Berkendara dan AWD
Test Drive Chery Omoda GT AWD Jakarta-Surabaya, Apa Plus Minusnya?

Gimmick yang diberikan Chery Omoda 5 GT adalah 6 mode berkendara: Eco, Normal, Sport, Snow, Mud dan Offroad. Hanya saja, tidak semuanya terpakai. Cukup menarik dan fungsional, misalnya Eco untuk menghemat BBM, Sport saat menyalip, serta Snow ketika hujan lebat.

Tentu, fitur AWD membuat lebih percaya diri di jalanan licin ataupun offroad. Ideal untuk mereka yang suka bertualang dengan keluarga. Bermanuver dengan Omoda 5 GT juga menyenangkan karena body roll minim serta kontrol kemudi yang presisi. Mobil ini asik dikendarai.

12. Tenaga Gede tapi Boros

Kombinasi transmisi 7 percepatan DCT Electronic Shifter serta mesin 1.598 cc, 4 silinder, turbocharge memompa tenaga 190 hp dengan torsi 290 Nm. Memang gede dan mengasyikkan. Perpindahan giginya pun halus minim hentakan.

Tapi, konsumsi BBM Chery Omoda 5 GT terbilang boros. Untuk dalam kota, rata-rata di 1:7,8 km/liter hingga 1:8 km/liter. Sedangkan untuk luar kota, susah sekali mendapatkan lebih dari 1:11 km/liter. Padahal, SINDONews sudah menjaga RPM dibawah 3.000.

13. ADAS dengan ACC, Sayang Pengoperasian Ribet
Test Drive Chery Omoda GT AWD Jakarta-Surabaya, Apa Plus Minusnya?

Soal keamanan, Chery Omoda 5 GT juga sudah lengkap. Termasuk, fitur keselamatan aktif advanced driver-assistance system alias ADAS. Banyak sekali teknologinya, seperti Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Cruise Assist (ICA), Drive Away Warning (DAW), Traffic Jam Assist (TJA), dan Front Collision Warning (FCW). Selain itu masih ada Rear Cross Traffic Alert (RTA), Emergency Lane Keeping (ELK), Blind Spot Warning (BSW), Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Tentu, fitur Adaptive Cruise Control jadi favorit SINDOnews. Hanya saja, tombol-tombol pengaturan di tuas kemudi terbilang ribet. Navigasinya membingungkan dan susah terbiasa. Untuk menyalakan ACC, harus menekan tombol ini itu. Seringnya malah salah pencet.


14. Kesimpulan
Test Drive Chery Omoda GT AWD Jakarta-Surabaya, Apa Plus Minusnya?

Sebagai pendatang baru, Chery Omoda 5 GT memberikan opsi-opsi yang sebelumnya tidak tersedia di pasar. Misalnya, AWD dengan harga termurah. Lalu, fitur-fitur keamanan lengkap, teknologi kekinian, serta kenyamanan kabin yang mewah. Meski, memang masih ada beberapa minus di sana-sini.

Mobil ini optimal bagi mereka yang terbiasa dengan mobil mewah dan kaya fitur, serta tenaga besar, juga mencari kebutuhan spesifik: All Wheel Drive. Mungkin, mereka yang bekerjanya bolak-balik di perkotaan juga di kawasan offroad ringan. Atau, sekadar keluarga yang hobi traveling di akhir pekan ke gununguntukkemping.
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2847 seconds (0.1#10.140)