8 Jalan Tol Tanpa Batas Kecepatan, Cocok untuk Balapan

Senin, 15 Januari 2024 - 10:22 WIB
loading...
8 Jalan Tol Tanpa Batas Kecepatan, Cocok untuk Balapan
Stuart Highway menghubungkan Darwin di utara dengan Port Augusta di selatan. (Foto: Daily Mail)
A A A
JAKARTA - Pencinta kecepatan jalanan punya beberapa jalan ‘surga’ tanpa ditindak oleh polisi. Di seluruh dunia, ternyata ada banyak jalan dengan batas kecepatan tertinggi di dunia.

Melansir laman Dailymail, Senin (15/1/2024), jalan tol dengan batas kecepatan tertinggi di dunia tersebar di beberapa benua, berikut daftarnya.

1. Western US Highways


Jalanan tol bagian Barat Amerika Serikat cenderung berkarakter pedesaan, sehingga tidak punya batas kecepatan tinggi di jalanan. Seperti di area Montana, batas kecepatannya pada siang hari, pengendara dapat mengemudi secepat yang mereka inginkan.

Saat ini, Montana dan negara bagian pegunungan lain di wilayah tersebut memiliki batas kecepatan maksimum 80 mph untuk sebagian besar jalan tol pedesaan mereka. Batas kecepatan rata-rata mereka berkisar antara 70 hingga 80 mph di semua jalan tol.


2. Autostrada A1


Jalan tol Italia bertipe A1 melewati kota-kota besar, dimulai dari Milan dan menuju Roma, kemudian Naples. Jalan tol Italia memiliki batas kecepatan maksimum 81 mph. Namun, penting untuk dicatat bahwa operator dapat menetapkan batas hingga 150 kilometer per jam, setara dengan 93 mph jika memiliki tiga lajur di setiap arah dan sistem kamera kecepatan berlaku. Saat ini, belum ada yang menetapkan batas ini, tetapi di masa depan mungkin membawa perubahan.

3. French Highways


Jalan tol di Prancis adalah salah satu dari sedikit negara Eropa yang memiliki batas kecepatan maksimum lebih tinggi dari kebanyakan jalan lainnya. Batas kecepatannya mencapai 130 kilometer per jam (atau 81 mph), sehingga orang Prancis dapat mengemudi lebih cepat daripada di jalan tol antar-kota biasa Eropa. Telah ada eksperimen lalu lintas untuk mengurangi kecelakaan fatal yang membuat pemerintah Prancis menurunkan batas kecepatan di daerah tertentu. Biasanya, daerah perkotaan memiliki batas kecepatan lebih rendah daripada daerah pedesaan dan jalan tol.

4. Autocresta Kroasia


Negara Balkan ini memiliki beberapa batas kecepatan tertinggi di Eropa. Batas kecepatan maksimum di jalan tol di daerah pedesaan yang tidak padat lalu lintas mencapai 81 mph. Kecepatan ini hanya berlaku untuk autocresta atau jalan tol berakses terbatas.

Jalan tol lainnya seperti jalan ekspress bebas tol, memiliki batas kecepatan maksimum 75 mph. Jika mengemudi di jalan-jalan Kroasia dan melampaui batas kecepatan, seharusnya tidak terlalu khawatir. Polisi mungkin memberikan toleransi sejauh 10 mil bagi mereka yang melampaui batas.


5. Jalan Tol Slovakia


Ada tiga negara Eropa Timur dalam daftar ini dan semuanya memiliki satu kesamaan, batas kecepatan lebih tinggi di jalan tol. Sebagian besar jalan tol Slovakia memiliki batas kecepatan 81 mph. Batas kecepatan jalan tol dulunya lebih rendah, tetapi pada 2021, pemerintah mengumumkan pembangunan jalan tol melalui kota-kota, bukan hanya di daerah pedesaan. Yurisdiksi lain di seluruh negara telah mendorong untuk peningkatan hingga 160 kilometer per jam, yang setara dengan 99 mph.

6. Stuart Highway


Rute ini berada di area utara-selatan Darwin di Wilayah Utara dan berakhir di Port Augusta, Australia Selatan. Rutenya mencapai 3.130 kilometer. Sebagian besar jalan tol memiliki kepadatan penduduk yang rendah. Banyak bagian jalan berupa gurun yang rentan memiliki satwa liar dan bisa berbahaya jika mengemudi cepat.

Sebelum 2007, tidak ada batas kecepatan di Stuart Highway, namun, undang-undang Australia menghentikan hal itu dan menetapkannya menjadi 81 mph. Pemerintah ingin mengembalikan jalan tol tanpa batas kecepatan pada 2014, tetapi setelah studi lalu lintas, mereka kembali menetapkan batas kecepatan 81 mph.

7. Jalan Tol Negara Bagian Texas 130


Jika mengemudi di Texas selama berjam-jam kemungkinan tidak melihat satu kota pun. Mungkin itu alasan mengapa batas kecepatan di sebagian besar jalan tol di Texas lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Texas memungkinkan kendaraan mengemudi hingga 80 mph di Interstate 10 dan 20 di beberapa kabupaten tertentu hanya di wilayah dengan populasi rendah. Namun, ada bagian dari State Highway 130 yang memungkinkan mobil mengemudi dengan kecepatan mencapai 85 mph. Batasnya di jalan tol sepanjang 41 mil sebagai batas utara dan Interstate 10 dekat Seguin sebagai batas selatan.

8. Jalan Tol Bulgaria


Bulgaria menjadi negara Eropa dengan batas kecepatan lebih tinggi dari biasanya. Sebagian besar jalan tol memiliki batas kecepatan hingga 75 mph, namun, beberapa jalan tol meningkatkan batas itu menjadi 87 mph atau 140 kilometer per jam untuk mencegah kecelakaan maut . Jalan tol Trakia A1 adalah contoh yang memiliki batas lebih tinggi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)