Sekali Setahun, Lampu Lalu Lintas di Pulau Ini Menyala Hijau

Senin, 27 Mei 2024 - 20:35 WIB
loading...
Sekali Setahun, Lampu Lalu Lintas di Pulau Ini Menyala Hijau
Lampu lalulintas di Himakajima hanya menyala hijau setahun sekali. (Foto: Soranews)
A A A
JAKARTA - Ketika berkunjung ke Jepang, terbayang hal-hal canggih. Ternyata ada satu pulau yang punya keunikan, yakni punya lampu lalu lintas yang menyala hijau hanya sekali setahun.

Pulau tersebut bernama Himakajima yang terletak beberapa puluh kilometer selatan Nagoya, tepatnya di antara Teluk Ise dan Teluk Mikawa. Melansir Soranews, Senin (27/5/2024) pulau yang hanya dihuni sekitar 2.000 jiwa ini punya sebuah lampu lalin di area pantai tenggara.

Tidak seperti lampu lalu lintas biasa yang punya tiga warna, yakni merah, kuning, dan hijau yang menyala bergantian, lampu lalin Himakajima hanya menyala hijau pada satu hari dalam setahun. Tahun ini, lampu hijaunya menyala pada 21 Mei lalu.

Selama 364,25 hari lainnya, lampu ini dalam keadaan berkedip kuning terus-menerus ke arah jalan pantai dan berkedip merah di jalan menuju Pelabuhan Timur Hakajima. Kondisi ini menunjukkan bahwa posisi titik kumpul penduduk tepat berhenti di arah utara-selatan.



Lampu lalin di pulau ini memang tidak pernah berfungsi pengaturan lalu lintas. Lampu ini dipasang pada 1994 atas permintaan Asosiasi Keselamatan Lalu Lintas Himaka untuk membantu mengajari anak-anak pulau tersebut cara mengikuti rambu lalu lintas jika mereka pindah ke kota besar suatu hari nanti.

Sebelum ada lampu lalu lintas, mereka menggunakan alat peraga lalin yang lebih kecil. Kekurangannya, anak-anak merasa kebingungan saat menghadapi lalu lintas sebenarnya. Maka, lampu lalin yang ada diatur menjadi hijau setahun sekali agar anak-anak dapat berlatih menggunakannya dengan benar dan aman.



Ketika lampu hijau menyala, anak-anak berkumpul di persimpangan untuk berlatih melihat ke kanan, kiri, dan kanan lagi sebelum mengangkat tangan dan menyeberang jalan. Saat diwawancarai ketika momen lampu hijau dinyalakan, seorang gadis muda mengaku terkejut betapa sulitnya ketika lampu menyala merah saat dia sedang mengendarai sepedanya melintasi zebra cross.

Saking uniknya, momen lampu hijau menyala tersebut memiliki halaman sendiri di situs web Himakajima. Momen ini dianggap ikonik dan memperkenalkan kepada para wisatawan bahwa Jepang tidak melulu tentang robot, papan reklame 3-D, dan mesin fax.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)
pixels