Intip Kecanggihan Pabrik GAC Aion, Produksi 1 Mobil Listrik Tiap Menit

Rabu, 29 Mei 2024 - 17:00 WIB
loading...
Intip Kecanggihan Pabrik GAC Aion, Produksi 1 Mobil Listrik Tiap Menit
Pusat manufaktur GAC Aion di Guangzhou, China mulai beroperasi pada tahun 2019. (Foto: Wiwie Heryani)
A A A
CHINA - Tren mobil listrik semakin berkembang di Indonesia. Mobil-mobil tersebut didatangkan dari berbagai produsen dari China, Korea Selatan dan negara-negara lain. Sementara pabrik perakitannya sudah mulai beroperasi di tanah air.

Setelah Hyundai dan Wuling, kini giliran pabrik mobil listrik dari merek GAC Aion yang akan hadir di Indonesia. Perusahaan otomotif asal China ini rencananya menghadirkan mobil-mobil listrik canggih dengan energi baru di pasar internasional, termasuk pasar Asia Tenggara.

Pabrikan ini pun menggandeng mitra lokal Indomobil Group dengan ditandatanganinya kerja sama GAC New Energi Automobile dan PT Indomobil Sukses Internasional TBK. GAC Aion sendiri memiliki pusat Manufaktur Cerdas Aion di Guangzhou, yang mulai beroperasi pada tahun 2019.

Pabrik tersebut digadang-gadang memiliki sederet keunggulan teknologi yang mendukung percepatan produksi mobil listrik dan berkontribusi pada agenda keberlanjutan.

Nah, baru-baru ini, SINDOnews berkesempatan mengunjungi langsung pabrik yang berlokasi di Guangzhou, tersebut. Apa saja kecanggihan yang ditawarkan pabrik mobil listrik asal Negeri Tirai Bambu tersebut?


1. Produksi 1 mobil dalam waktu 1 menit


Saat melakukan kunjungan ke pabrik, tim SINDOnews bersama beberapa media lain dipandu oleh beberapa tim pemandu pabrik dari GAC Aion Guangzhou. Di kesempatan tersebut, mereka menyebut, bahwa pusat Manufaktur tersebut mampu memproduksi 1 mobil listrik hanya dalam kurun waktu 1 menit saja!

Tak heran jika pabrik GAC Aion yang ada di Guangzhou tersebut bisa memproduksi hingga 3 juta unit mobil listrik dalam setahun. Meski begitu, Managing Director of GAC Aion South East Asia, Ma Haiyang mengatakan, pabrik yang akan mereka buka di Indonesia tidak sebesar di Guangzhou. Namun, ia memastikan, kecanggihan pabrik mobil listrik GAC Aion di Indonesia tidak akan jauh berbeda dengan yang ada di Guangzhou.

“Pabrik di mana pun kualitasnya pasti sama. Sama ketatnya, tidak ada perbedaan kualitas. nanti setelah bangun pabrik di Indonesia, engineer, yang kelola semuanya diambil dari pabrik di China,” ujar Ma Haiyang, saat diwawancara di Langham Place, Guangzhou, China, Selasa malam, (29/5/2024).

“Tapi, awalnya pabrik di Indonesia tak sebesar di Guangzhou. Pabrik di Guangzhou, jumlah produksinya bisa sampai 3 juta unit dalam setahun. Di Indonesia, awalnya pelan-pelan sajalah, seiring dgn penjualan naik, nanti produksi bisa naik dan pabrik bisa membesar,” katanya.

Intip Kecanggihan Pabrik GAC Aion, Produksi 1 Mobil Listrik Tiap Menit

2. Punya fasilitas fleksibel baja dan aluminium


Keunggulan utama Pusat Manufaktur Cerdas Aion adalah fleksibilitas dalam memproduksi body mobil dari baja dan aluminium yang menggunakan teknologi inovatif. Misalnya, pertukaran rivet aluminium dan spot welding, serta jalur produksi campuran, yang menghasilkan body mobil yang lebih berkualitas dan lebih aman dari bahan ringan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2998 seconds (0.1#10.140)
pixels