Berbahaya, Tesla Larang Trik Kain Basah untuk Mempercepat Pengisian Daya

Jum'at, 26 Juli 2024 - 14:30 WIB
loading...
Berbahaya, Tesla Larang...
Akun resmi Tesla Charging mengumumkan peringatan bahaya dari trik pengisian daya kain basah di X. Foto/Tesla
A A A
JAKARTA - Tesla akhirnya angkat suara tentang trik kain basah yang sudah banyak dipraktekkan oleh para konsumennya. Mereka mengumumkan bahwa hal ini berbahaya.

Trik kain basah yang dimaksud adalah membungkus kabel Supercharger dengan kain lembab dan dingin pada gagang pegangannya. Para pemilik Tesla percaya dengan mendinginkan gagang pegangan, monitor suhu pada Supercharger akan tertipu dan mengisi daya mobil lebih cepat.

Namun, menurut Tesla, ada masalah besar dengan trik ini. Sensor pada gagang pengisian akan menganggap suhunya lebih rendah dari sebenarnya saat pengisian daya berlangsung. Akibatnya, pengisi daya yang dibungkus handuk basah dapat berisiko terlalu panas atau rusak.



Dilansir dari Engadget, Jumat (26/7/2024) peringatan ini mungkin terdengar konyol, karena butuh waktu lebih dari dua bulan bagi Tesla untuk mengedukasi pelanggannya agar tidak menggunakan trik kain basah. Padahal, trik tersebut sudah menjadi "peretasan" yang terkenal di berbagai situs berita otomotif dan forum Reddit.

Akun resmi Tesla Charging di X baru saja memposting peringatan pada hari Rabu sebagai tanggapan atas artikel dari InsideEVs.com yang menjelaskan bahaya dari trik pengisian daya mobil ini.



Kurangnya komunikasi ini adalah akibat dari keputusan Tesla untuk tidak memiliki departemen hubungan masyarakat. Tesla membubarkan seluruh tim humasnya pada tahun 2020 dan Elon Musk secara terbuka menolak mempekerjakan tim baru di akun X-nya pada tahun berikutnya. Menurut Electrek, alasannya adalah karena dia tidak ingin menghabiskan uang untuk iklan & manipulasi opini publik.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)