Kenali 9 Penyebab Mobil Boros BBM, Ban Kurang Angin hingga Jarang Servis

Kamis, 08 Agustus 2024 - 07:47 WIB
loading...
Kenali 9 Penyebab Mobil...
Penyebab mobil boros BBM salah satunya karena kendaraan jarang diservis. Foto/Auto2000
A A A
JAKARTA - Penyebab mobil boros bahan bakar minyak (BBM) cukup beragam. Mulai dari ban kurang angin hingga unit jarang diservis. Yang jelas, kondisi ini jika tidak segera diatasi juga akan merembet pada kerusakan komponen mobil.

Untuk itu, penting memahami apa saja penyebab mobil boros BBM agar kantong tidak jebol. Langkah selanjutnya adalah menghindari kondisi-kondisi ini, sebagai ikhtiar agar performa mobil optimal dan mencegah kerusakan.

Langsung saja, berikut deretan penyebab mobil boros BBM seperti dilansir dari Auto2000, Kamis (8/8/2024):

1. Ban Kekurangan Angin


Ban mobil yang kekurangan angin dapat menjadi penyebab konsumsi BBM boros. Ban yang kekurangan angin membuat mesin bekerja lebih keras untuk dapat berjalan. Ketika mesin bekerja lebih keras otomatis pemakaian bahan bakar yang juga akan lebih banyak.


2. Penggunaan Ban Tidak Sesuai Standar


Ban yang tidak sesuai standar alias sudah dimodifikasi juga bisa menjadi penyebab mobil boros. Hal ini terjadi karena ukuran ban yang lebih besar atau lebih kecil.

Ukuran ban yang terlalu besar akan meningkatkan gesekan dengan aspal. Hal ini akan mengakibatkan mobil bekerja lebih keras dari sebelumnya supaya bisa memutar ban.

Tidak heran kalau akhirnya BBM yang baru saja diisi akan habis dalam waktu singkat. Itu sebabnya tidak disarankan untuk melakukan modifikasi agar kendaraan dapat berfungsi maksimal.

3. Oli Jarang Diganti


Oli yang sudah terlalu lama digunakan bukan hanya merusak kendaraan, tetapi juga membuat konsumsi bahan bakar mobil lebih boros. Oli lama sudah tidak bisa melumasi mesin dengan baik. Oli yang tidak diganti juga sudah mengandung banyak kotoran sehingga dapat menimbulkan kerusakan mesin.

4. Mengemudi secara Agresif


Kebiasaan mengemudi secara agresif dan menghantam polisi tidur tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Hal ini terjadi karena mesin perlu bekerja lebih keras untuk meredam getaran saat melewati polisi tidur dan jalanan yang tidak rata.

5. Penggunaan BBM yang Tidak Tepat


Pemilihan bahan bakar menjadi penyebab lain mobil boros yang jarang diketahui. Kenaikan harga salah satu jenis BBM membuat pengguna beralih ke bahan bakar yang harganya lebih murah. Penggunaan BBM yang jauh lebih rendah dari oktan 95 akan membuat tarikan mesin menjadi lebih berat. Akibatnya konsumsi bahan bakar pun akan lebih banyak dari biasanya.


6. Jarang Service


Inilah yang menjadi penyebab mengapa bensin mobil habis begitu cepat. Semua permasalahan yang sudah disebutkan di atas seharusnya bisa dicegah jika mobil rutin diservis.

7. Usia Mobil


Mobil yang berusia tua menjadi penyebab mengapa konsumsi bensin besar. Mobil keluaran lama berpotensi tidak memiliki teknologi injeksi yang canggih seperti saat ini. Teknologi lama tidak bisa memutuskan dengan tepat berapa banyak jumlah bensin yang dibutuhkan untuk menciptakan proses pembakaran yang sempurna.

8. Filter Udara Kotor


Filter udara yang kotor dapat menyebabkan masalah pada konsumsi bahan bakar. Ketika sistem filter udara tersumbat oleh debu dan kotoran, aliran udara ke mesin akan terhambat. Mesin yang kekurangan udara bersih akan bekerja lebih keras untuk membakar bahan bakar, yang pada akhirnya membuat konsumsi bensin meningkat.

9. Kebocoran Knalpot


Kebocoran pada knalpot bisa menjadi salah satu penyebab konsumsi bahan bakar kendaraan meningkat. Kebocoran knalpot dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk mencapai performa optimal.

Selain itu, kebocoran juga dapat mengganggu sensor oksigen yang bertugas mengatur campuran udara dan bahan bakar di dalam mesin sehingga bahan bakar menjadi tidak efisien.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)