Kanada Kenakan Tarif 100% untuk Mobil Listrik Buatan China

Selasa, 27 Agustus 2024 - 07:10 WIB
loading...
Kanada Kenakan Tarif...
Mobil Listrik Buatan China. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
OTTAWA - Kanada mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya akan mengenakan tarif 100 persen pada impor kendaraan listrik China dan juga mengumumkan tarif 25 persen pada impor baja dan aluminium dari China.



Bea tersebut berlaku untuk semua kendaraan listrik yang dikirim dari China, termasuk yang dibuat oleh Tesla, kata seorang pejabat pemerintah Kanada.

Seperti dilansir dari Asia Nikkei, saham produsen mobil paling berharga global itu turun tiga persen.

Impor mobil Kanada dari China ke pelabuhan terbesarnya, Vancouver, melonjak 460 persen dari tahun ke tahun pada tahun 2023, ketika Tesla mulai mengirimkan kendaraan listrik buatan Shanghai ke Kanada.

Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan Ottawa bertindak untuk melawan apa yang disebutnya sebagai kebijakan kelebihan kapasitas yang disengaja.

“Saya pikir kita semua tahu bahwa Tiongkok tidak bermain dengan aturan yang sama,” katanya kepada wartawan. Tarif akan diterapkan mulai 1 Oktober.

“Yang penting dalam hal ini adalah kita melakukannya secara selaras dan paralel dengan negara-negara lain di seluruh dunia,” kata Trudeau di luar pertemuan kabinet tertutup selama tiga hari di Halifax, Nova Scotia.

Kedutaan Besar China di Ottawa tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Tiongkok adalah mitra dagang terbesar kedua Kanada, meskipun tertinggal jauh dari Amerika Serikat.

Tesla tidak mengungkapkan ekspor China ke Kanada.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)