Xpeng Akan Luncurkan Mobil Terbang November Ini, Begini Bentuknya

Kamis, 05 September 2024 - 18:11 WIB
loading...
Xpeng Akan Luncurkan...
Mobil Terbang Xpeng. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Xpeng AeroHT, perusahaan yang didukung oleh CEO Xpeng He Xiaopeng, resmi meluncurkan mobil terbang modular terbarunya.



Mobil terbang yang terdiri dari dua komponen utama yakni kapal induk dan pesawat ini rencananya akan melakukan penerbangan publik perdana pada November tahun ini.

Seperti dilansir dari SCMP, sedangkan untuk pasar, mobil terbang modular Xpeng akan memulai pra-penjualan pada akhir tahun ini dengan harga kurang dari USD280.000, sementara pengiriman dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2026.

Xpeng AeroHT, didirikan pada tahun 2013 dengan dukungan finansial dari He Xiaopeng, bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang yang sesungguhnya.

Namun kendaraan terbang yang diperkenalkan perusahaan ini sebelumnya lebih mirip drone dibandingkan mobil.

Pada tahun 2021, Xpeng AeroHT mengumumkan kendaraan terbang generasi ke-6 yang direncanakan menjadi mobil legal jalan raya dengan rotor yang dapat dilipat di atapnya.

Namun, mengunci rotor dengan aman untuk mencegah kerusakan akibat getaran saat mobil melaju terbukti terlalu sulit.

Alhasil, Xpeng AeroHT memulai kembali proyek mobil terbangnya dengan konsep “Land Aircraft Carrier” yang pertama kali diumumkan pada Oktober 2023. Kini, mobil modular tersebut telah melakukan debut live di Tiongkok.

Kapal induk Xpeng yang menjadi salah satu elemen utama mobil terbang ini merupakan kendaraan berukuran besar dengan tiga poros, berukuran panjang 5,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2 meter.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)