Norwegia Cetak Sejarah! Mobil Listrik Kini Lebih Banyak dari Mobil Bensin!

Senin, 23 September 2024 - 08:47 WIB
loading...
Norwegia Cetak Sejarah!...
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah mobil listrik di Norwegia telah melampaui jumlah mobil bensin. Foto: ist
A A A
NORWEGIA - Norwegia, yang ironisnya merupakan produsen minyak besar, telah menetapkan target agar semua mobil baru yang dijual menjadi kendaraan tanpa emisi pada 2025.

Mobil Listrik Memimpin di Norwegia

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah mobil listrik di Norwegia telah melampaui jumlah mobil bensin. Dari 2,8 juta mobil pribadi yang terdaftar di negara tersebut, 754.303 adalah mobil listrik murni, dibandingkan dengan 753.905 unit mobil berbahan bakar bensin.

Model diesel masih menjadi yang paling banyak, hampir mencapai 1 juta unit, tetapi penjualannya menurun drastis.

Oyvind Solberg Thorsen, direktur Federasi Jalan Norwegia (OFV), menyebut ini sebagai momen bersejarah.

“Ini adalah peristiwa bersejarah. Sebuah tonggak sejarah yang hanya sedikit orang yang bisa membayangkan 10 tahun yang lalu,” katanya. “Elektrifikasi armada mobil penumpang berjalan cepat, dan dengan demikian Norwegia bergerak cepat untuk menjadi negara pertama di dunia dengan armada mobil penumpang yang didominasi oleh mobil listrik.”

Bagaimana Norwegia Bisa Menjadi Negara Adidaya Mobil Listrik?

Meskipun menjadi produsen minyak dan gas utama, Norwegia telah menetapkan target ambisius: semua mobil baru yang dijual haruslah kendaraan tanpa emisi pada tahun 2025. Ini 10 tahun lebih cepat dari tujuan Uni Eropa.

Pada Agustus 2024, kendaraan full listrik mencapai rekor 94,3% dari total registrasi mobil baru di Norwegia, didorong oleh penjualan Tesla Model Y.

Pemerintah Norwegia telah memberikan insentif pajak yang besar untuk EV, menjadikannya kompetitif dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin, diesel, dan hibrida.


Kontras dengan Eropa

Keberhasilan Norwegia dalam adopsi EV sangat kontras dengan perjuangan yang terlihat di tempat lain di Eropa. Penjualan mobil listrik mulai turun pada akhir 2023, dan sekarang hanya mencapai 12,5% dari mobil baru yang terjual di benua tersebut.

Norwegia telah membuktikan bahwa transisi menuju kendaraan listrik secara massal adalah mungkin. Dengan kebijakan yang tepat dan dukungan pemerintah, negara ini telah berhasil menjadikan mobil listrik sebagai pilihan utamabagiwarganya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)