Tangkis Hoax, Kemasan Galon AMDK Penuhi Syarat Edar Demi Keamanan Konsumen

Kamis, 17 September 2020 - 09:40 WIB
loading...
A A A
Di sisi lain, pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor, Eko Hari Purnomo, menambahkan. penjaminan keamanan dan mutu AMDK harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari menjaga kualitas baku air dengan menjaga lingkungan di sekitar sumber air, menjaga integritas dan kebersihan kemasan yang digunakan, mengolah air secara higienis, sampai dengan mendistribusikannya ke konsumen.

“Dan berbagai studi yang ada menunjukkan bahwa penggunaan kemasan guna ulang berbahan dasar polikarbonat tidak menunjukkan pelepasan komponen kimiawi kemasan ke dalam air yang lebih tinggi dibandingkan kemasan sekali pakai,” ungkapnya.

Bahkan, kata Eko, penggunaan kemasan guna ulang memberikan keuntungan ganda yaitu menjaga keamanan produk dan mengurangi sampah plastik di lingkungan.

Menyimak pernyataan pihak kompeten di atas, Asosiasi Perusahaan Air Kemasan (Aspadin) pun menyesalkan adanya berita bohong atau hoax yang menyatakan air minum kemasan galon guna ulang lebih berbahaya dibanding galon sekali pakai. (Baca juga: Galaxy Z Fold2 Memiliki Desain Memukau dan Penuh Inovasi )

Ketua Umum Aspadin Rachmat Hidayat, menegaskan produk AMDK dengan kemasan galon PC maupun PET yang beredar di pasaran telah mendapatkan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan izin edar dari BPOM. “Itu berarti produk itu telah diaudit dan dievaluasi, baik dari sisi fasilitas produksi, pembersihan galon guna ulang, keamanan produk dan beberapa aspek mutu lainnya," katanya meluruskan.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)