Lupakan Hummer, Tentara Amerika Punya Monster Baru

Rabu, 28 Oktober 2020 - 16:00 WIB
loading...
Lupakan Hummer, Tentara Amerika Punya Monster Baru
GM Defense membuat ISV untuk pasukan infanteri Amerika Serikat. Kendaraan militer ini lebih taktis dan kompak saat digunakan. Foto / Motor Trend
A A A
AMERIKA SERIKAT - JAKARTA - Tentara Amerika khususnya tentara infanteri Amerika Serikat mendapatkan kendaraan baru guna meningkatkan daya tempur mereka yang dinamakan Infantry Squad Vehicle (ISV). Tidak main-main Tentara Amerika Serikat dilaporkan oleh situs Motor Trend telah meminta GM Defense membuat sebanyak 649 ISV hingga tahun fiskal 2024. Mereka juga berhara agar GM Defense bisa memproduksi 2.065 unit ISV untuk memenuhi kebutuhan transportasi lintas medan para tentara di masa depan.

Pihak militer Amerika Serikat diketahui tertarik dengan kendaraan itu karena memang dari segi ukuran ISV buatan GM Defense sangat praktis dan taktis. Mobil tempur itu akan sangat mudah dan ringan dibawa oleh helikopter Black Hawk UH-60 dengan menggunakan sling baja. Bahkan mobil itu akan tetap muat jika dibawa oleh helikopter yang ukurannya lebih besar, CH-47 Chinook. Tentu hal itu tidak akan bisa dilakukan oleh Humvee atau Hummer yang ukurannya memang sangat fantastis. (Baca juga : Keren, Sebanyak 270.000 Xpander Sudah Mengaspal di ASEAN )

Lupakan Hummer, Tentara Amerika Punya Monster Baru


Untuk pembuatan mobil tempur itu GM Defense diketahui menggunakan basis mobil komersial ringan mereka, Chevrolet Colorado ZR2. MObil itu tetap menggunakan mesin yang digendong Chevrolet Colorado ZR2 yakni mesin 2.8L Duramax turbo diesel yang bisa menggelontorkan tenaga sebesar 186 daya kuda.

Gelontoran tenaga itu makin menarik karena GM Defense mencopot habis badan mobil asli dan menggantinya dengan desain mobil tempur buatan mereka yang tidak lagi menggunakan badan utuh mobil tersebut. Seluruh badan mobil diganti dengan rollbar yang dibuat untuk melindungi tubuh para tentara infanteri.

Mobil ini memang terkesan tidak melindungi karena ketiadaan badan mobil. Hanya saja sejatinya mobil ini memang bertugas untuk mengantarkan pasukan infanteri yang memang selalu menempuh jalan darat dengan berjalan kaki.

Pihak militer Amerika Serikat mengidentifikasi kebutuhan mobil taktis dan ringan seperti ISV itu pada 2015. Waktu itu mereka meminta kepada pemerintah Amerika Serikat agar membuat sebuah kendaraan taktis yang bisa membantu pasukan infanteri melewati berbagai medan berat. (Baca juga : Gedung Tertinggi di Dunia Jadi Iklan Billboard Porsche Taycan )

Lupakan Hummer, Tentara Amerika Punya Monster Baru


Saat itu permintaan itu akhirnya disetujui. Hanya saja finalisasi kendaraan tidak jadi karena memang belum ada pabrikan otomotif yang mau mengambil kesempatan itu. Baru ketika militer Amerika Serikat mengadakan kompetisi untuk persiapan tahun finansial 2018, National Defense Authorization Act yang memberikan hadiah USD1 juta bagi yang menang, barulah banyak pabrikan otomotif yang ikutan. Saat itulah GM Defense memberikan mobil ISV yang akhirnya jadi kendaraan resmi pasukan infanteri Amerika Serikat.

"Keberhasilan kita dengan ISC merupakan bukti komitmen kami kepada negara dan konsumen kami. Ini juga menujukkan keunikan kemampuan dan bakat kami dalam memenuhi akan kebutuhan kendaran-kendaraan militer," ujar David Albritton.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2800 seconds (0.1#10.140)