Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Minggu, 07 Februari 2021 - 23:25 WIB
loading...
Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Jika mobil mengalami getaran saat berkendara, akan mengurangi kenyamananya.
A A A
JAKARTA - Ternyata memang ada alasan mengapa saat kecepatan tinggi mobil bergetar atau bergoyang. Ternyata, hal tersebut lumrah atau normal-normal saja.

"Kalau mengalami getaran saat mengemudikan mobil di kecepatan tertinggi, itu lumrah terjadi. Tapi, bisa juga ada komponen yang tidak beres," kata pemilik bengkel ban mobil Depok Wheelbase, Soelistyo.



Menurut Soelistyo, getaran yang dirasakan biasanya terjadi pada banyak faktor. Kemungkinan besar karena adanya komponen kaki-kaki yang bermasalah.

"Paling mudah diprediksi adalah bagian ban yang jarang di balancing. Padahal, balancing ban wajib dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 20.000 km lebih," katanya.

Soelistyo menambahkan, saat balancing ban akan terdeteksi masalah apa saja yang terjadi pada mobil jika mengalami getaran. Jika mobil mengalami getaran saat berkendara, akan mengurangi kenyamananya.



"Biasanya saat balancing, akan terlihat masalahnya. Jika tidak ada masalah, dibalancing saja harusnya sudah tidak ada getaran. Tapi kalau ada masalah, lihat bagian ban, mungkin ada benjolan atau velg melengkung," ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1076 seconds (0.1#10.140)