Ini Teknologi Keamanan Mobil yang Menyelamatkan Nyawa Tiger Woods

Sabtu, 06 Maret 2021 - 07:00 WIB
loading...
Ini Teknologi Keamanan Mobil yang Menyelamatkan Nyawa Tiger Woods
Genesis GV80 merupakan mobil yang dikendarai oleh Tiger Woods saat kecelakaan terjadi. Foto/Netcarshow.
JAKARTA - Atlet golf terkenal Tiger Woods mengalami kecelakaan fatalsaat mengendarai mobil Genesis GV80 beberapa waktu lalu. Mobil yang dia kendarai menabrak median jalan dan membuat mobil tersebut terpelanting dan terjatuh ke bawah bukit. Beruntungnya Tiger Woods justru selamat di kecelakaan mengerikan itu.

Baca juga : Mengungkap Keberadaan Black Box di Mobil, Mitos atau Fakta?
Ini Teknologi Keamanan Mobil yang Menyelamatkan Nyawa Tiger Woods


Padahal jika dilihat kondisi mobilnya, yang hancur lebur, sulit membayangkan Tiger Woods bisa keluar dari mobil dalam keadaan bernafas. Dalam keterangannya pihak kepolisian setempat mengatakan Tiger Woods mengalami cedera di bagian kaki kanan. Tepatnya di area tibia, fibula dan tulang kaki.

Menurut analis dari Institut Insurance for Highway Safety, David Harkey, luka tersebut adalah luka yang umumnya terjadi akibat kecelakaan mobil adu banteng dimana mobil menabrak objek bergerak yang ada di depannya. Cedera itu terjadi karena kaki kanan refleks menginjak pedal rem dalam-dalam. Alhasil kaki kanan cedera akibat tumbukan yang sangat kencang.

Ini Teknologi Keamanan Mobil yang Menyelamatkan Nyawa Tiger Woods




Pertanyaannya, kenapa cedera yang dialami oleh Tiger Woods hanya di bagian kaki kanan? Padahal mobil sudah terpelanting dan hancur lebur. David Harkey mengatakan teknologi keamanan dan desain yang dimiliki mobil moderen membuat Tiger Woods selamat dari kecelakaan fatal itu.

"Sepuluh tahun yang lalu mungkin ceritanya akan berbeda. Ini membuktikan bahwa bagaimana baiknya mobil moderen dibuat dalam memenuhi standar keamanan. Mulai dari desain hingga fitur-fiturnya," jelas David Harkey.

Baca juga : Perdana, Ini Dia Bentley Klasik Listrik Pertama di Dunia
Dalam hal kasus Tiger Woods, desain mobil Genesis GV80memiliki area crumple zone yang berhasil menyerap dampak tabrakan dan menyebarkannya ke seluruh bagian badan mobil untuk menjaga kabin tetap utuh. Sistemm lainnya adalah sistem teknologi keamanan pasif yang ada di Genesis GV80 seperti sabuk pengaman dan airbag. Total ada sepuluh airbag di dalam mobil tersebut mulai dari lutut, samping depan, belakang, airbag samping tengah depan, dan airbag tirai anti guling. Seluruh airbag itu bekerja saat kecelakaan Tiger Woods terjadi. Kesepuluh airbag langsung bekerja bak kepompong melindungi Tiger Woods.

Fakta lainnya adalah kaca mobil yang sama sekali tetap terpasang meski remuk. Teknologi tempered glass membuat pecahan kaca tida melukai Tiger Woods. Bahkan panoramic roof tetap terpasang dengan baik meski mobil telah terguling beberapa kali. "Teknologi itu memastikan Tiger Woods tetap duduk dalam posisi yang benar dan terlindungi," jelasnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE