Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil

Kamis, 13 Mei 2021 - 23:05 WIB
loading...
A A A
Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil


Oli mesin merupakan pelumas penting yang keberadaannya tidak bisa diabaikan begitu saja. Tak sekedar melindungi mesin dari gesekan, oli mesin berguna juga sebagai pendingin dan pembersih komponen agar tetap bekerja optimal.

Sebelum memeriksa kondisi oli , ada baiknya periksa juga apakah ada rembesan di mesin. Rembesan ini biasanya terjadi karena ada bagian mesin yang aus. Jika ada yang rembes sebaiknya di bawa ke bengkel.

Namun jika tidak ada rembesan, Anda bisa mengecek kondisi oli dengan menarik dipstick yang biasanya berada di bagian atas bongkahan mesin. Sebelum memeriksa ketinggian oli, bersihkan dulu ujung distik dengan kain lap.
Perlu diingat dipstick jang sampai terbalik (ujungnya di posisi atas), karena untuk mengetahui oli berada di level mana. Pada ujung dipstick terdapat dua tanda, yaitu F (full) dan E (empty).

Jika sudah bersih, masukan kembali dipstik dan tarik untuk mengetahui ketinggian oli. Jika ada oli di bagian bawah dipstik berarti oli berkurang dan harus segera ditambah. Namun jika posisi oli ada di tengah, artinya oli mesin dalam kondisi bagus.

3. Cek Air Radiator

Mumpung Libur Lebaran, Ini Cara Sederhana Mengecek Kondisi Mobil


Selama sistem pendingin mesin mobil masih baik dan air radiator pada tabung cadangan tidak berkurang, bisa dikatakan kondisi radiator masih baik.

Namun untuk kendaraan yang usianya sudah lebih dari lima tahun, Anda tidak bisa mengabaikannya begitu saja karena diperlukan perlakuan khusus.

Untuk memeriksa air radiator, dilihat ketinggian air radiator pada tabung cadangan apakah sudah berada di antara level low dan high. Jika iya berarti tidak ada masalah denan radiator Anda
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2641 seconds (0.1#10.140)