Cara Menggunakan Kopling dan Rem Mobil di Tanjakan dan Jalan Macet

Jum'at, 21 Mei 2021 - 22:05 WIB
loading...
A A A
Cara menggunakan rem tangan

Saat menghadapi kemacetan panjang, posisikan kaki kiri untuk menginjak pedal kopling secara penuh. Lalu letakkan kaki kanan pada posisi siaga untuk menginjak pedal gas. Kemudian tangan kiri bersiap mengendalikan tuas rem tangan.

Setelah berada di posisi siap, pengemudi perlu menguasai cara menggunakan kopling mobil di tanjakan dan jalan macet. Ketika sedang berhenti, tarik rem tangan dan injak pedal kopling hingga mobil tertahan di tempat dengan kondisi mesin hidup.

Selanjutnya posisikan gigi di angka 1. Saat jalan, tekan lock pada tuas rem tangan dan turunkan rem tangan perlahan. Secara bersamaan, injak pedal gas disertai mengangkat kopling hingga posisi setengah.

Cara menggunakan pedal rem

Ketika mobil di posisi menanjak namun lalu lintas di depan macet, pengemudi bisa menggunakan teknik pedal rem. Saat kendaraan berhenti di tanjakan, injak kopling dengan kaki kiri. Kemudian, injak pedal rem dengan menggunakan kaki kanan.

Saat kondisi jalanan di depan sudah mulai bergerak lagi, pindahkan kaki kanan ke pedal gas sambil langsung menekannya hingga RPM 2000 dengan cepat. Dalam waktu bersamaan, angkat pedal kopling pada posisi setengah agar mobil tidak mundur.

Jika saja kendaraan depan berhenti, maka bisa langsung kembali menginjakkan kaki kiri pada pedal kopling dan kaki kanan pada pedal rem untuk memberhentikan mobil tanpa mematikan mesin.



Sebagai catatan, bagi yang belum lancar menggunakan mobil manual, maka tips di atas tadi akan terasa rumit. Oleh karena itu, banyaklah berlatih agar andal ketika mengemudi di tanjakan yang lalu lintasnya sedang penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)