Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti

Senin, 14 Juni 2021 - 15:04 WIB
loading...
Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti
Peranti ini sangat penting untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rem merupakan peranti pada kendaraan untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Ketika gerakan roda diperlambat, secara otomatis laju kendaraan menjadi lambat.

Peranti ini sangat penting untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan. Usia pakai kampas rem juga tergantung dari pemakaian kendaraan

Tak hanya sekedar rem tidak pakem kampas harus diganti. Beberapa ciri-ciri lain juga bisa dijadikan patokan bahwa peranti rem minta perhatian dari pemiliknya.



Sayangnya sedikit pengendara yang mengetahui kapan kampas rem harus diganti. Dikutip dari situs Daihatsu, berikut tanda-tanda bahwa kampas rem mobil Anda minta diganti:

1. Pedal Rem Bergetar Ketika Diinjak

Ciri pertama dari kampas rem mobil yang habis yaitu pedal rem akan terasa bergetar saat diinjak. Kondisi ini terjadi karena kampas rem yang habis membuat permukaannya tidak lagi rata, sehingga akan terasa bergetar.

Dengan kampas rem yang sudah habis, otomatis cakram rem pun tidak dapat mencengkram secara sempurna, membuat getaran di pedal rem kian terasa.

Tentu hal tersebut bisa membuat pengendara tidak nyaman ketika melakukan pengereman kendaraan.

Terlebih getaran tersebut ternyata tidak hanya terasa pada bagian pedal rem saja, namun juga bisa berdampak pada bagian setir atau kemudi apabila tidak segera ditangani.

Selain tidak nyaman, kondisi ini juga bisa berbahaya bagi Anda dan seluruh penumpang.

2. Pedal Rem Terlalu Dalam

Tanda-tanda lainnya akan terasa ketika menginjak pedal rem lebih dalam dari biasanya. Umumnya kondisi satu ini akan Anda rasakan apabila bagian kampas rem tromol di bagian roda belakang telah habis.

Ini terjadi karena rem tromol memiliki pegas pengembali, jadi meskipun piston bergerak jauh maka akan tetap kembali ke posisinya semula.

Dan ketika kampas rem mobil Anda habis, kondisi ini akan terjadi di mana gerakan piston harus jauh agar tromol bisa tertekan, sehingga terasa lebih dalam saat Anda menekan pedal rem.



Berbeda saat kampas rem mobil masih tebal, karena tromol rem bisa tertekan dengan mudah meski piston bergerak sedikit saja.

3. Rem Kurang Pakem

Saat kampas rem mobil habis, Anda pasti akan merasa bahwa rem kendaraan menjadi tidak begitu pakem. Hal ini terjadi akibat penekanan dari kampas terhadap piringan jadi kurang merata, sehingga luas penampang dari rem pun menjadi lebih kecil.

Alhasil, tenaga pengereman yang dihasilkan juga kurang maksimal meski Anda telah menekan pedal rem lebih dalam. Kalau sudah memasuki kondisi ini, Anda harus waspada dan segera mengganti kampas rem mobil tersebut.

4. Terdengar Suara Berdecit

Apabila timbul suara berdecit saat menginjak rem, ini juga salah satu tanda bahwa kampas rem mobil habis. Biasanya suara yang terdengar seperti suara dari gesekan besi atau logam.

Bunyi tersebut terjadi karena kampas rem yang telah habis hanya menyisakan bagian besi saja. Jadi sistem pengereman hanya terkena besi denan besi sehingga menimbulkan bunyi berdecit.

5. Minyak Rem Berkurang

Minyak rem yang berkurang juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem mobil Anda telah menipis atau habis.

Minyak rem ini bisa Anda periksa melalui kap mobil, apabila didapati volume minyak turun padahal tidak ada kebocoran, maka besar kemungkinannya bahwa kampas rem kendaraan sudah habis atau menipis.

Mengapa minyak juga bisa berkurang apabila kampas rem habis? Hal ini karena kampas rem yang menipis, akan memaksa piston bergerak atau terdorong lebih jauh dan keluar. Sehingga menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper, alhasil menyebabkan minyak rem juga menurun.



Inilah tanda-tanda kampas rem mobil Anda habis yang penting untuk kenali. Karena sistem pengereman sangat vital dan krusial, maka berbagai komponen dari sistem ini harus selalu diperhatikan dengan baik.

Apabila Anda mendapati berbagai ciri seperti di atas, jangan tunggu lama dan segera ganti dengan kampas rem yang baru.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2540 seconds (0.1#10.140)