Bukan Hanya Aki Basah dan Kering, Ini 6 Jenis Aki Mobil...

Senin, 21 Juni 2021 - 14:05 WIB
loading...
Bukan Hanya Aki Basah dan Kering, Ini 6 Jenis Aki Mobil...
6 jenis aki ini di sesuaikan dengan spesifikasi mobil Anda dan punya kelebihan dan kekurangan serta harga yang bervariatif. Foto: dok Auto2000
A A A
JAKARTA - Pada umumnya aki mobil dikanal hanya memiliki dua jenis, yakni aki basah dan juga aki kering (MF/ Maintenance Free). Namun itu tidak sepenuhnya tepat, ternyata ada 6 jenis aki untuk mobil.

Tentunya 6 jenis aki ini di sesuaikan dengan spesifikasi mobil Anda dan punya kelebihan dan kekurangan serta harga yang bervariatif.

Berikut ini dilansir dari Auto2000, mengenai 6 jenis aki yang terdapat pada kendaraan mobil.



1. Aki basah

Pertama ini merupakan aki mobil basah yang paling umum digunakan dan paling mudah ditemukan. Jenis aki ini disebut sebagai aki basah karena di dalamnya terdapat cairan elektrolit atau air berupa asam sulfat.Di dalam air terdapat kandungan timah antimoni yang berfungsi sebagai penguat timbal untuk baterai.

Sayangnya, timah antimoni gampang menguap sehingga air aki pun lebih cepat habis. Maka dari itu sering-seringlah untuk melakukan pengecekan air aki secara berkala. Jika air kurang maka tambhakan air aki yang bisa kamu beli dibengkel. Hal ini dilakukan supaya terjaga keawetan akinya

2. Aki kering

Berbeda dengan aki basah. Meski jenis aki mobil ini namanya kering, bukan berarti tidak ada cairan di dalamnya. Kalau aki dibuka, Anda tetap akan menemukan cairan elektrolit.Hanya saja, cairan elektrolit di dalam aki kering memiliki kandungan timah kalsium yang relatif lebih hemat dan tidak gampang menguap.

Jadi Anda tidak perlu repot untuk mengecek aki dan pengisian ulang air aki. Sebab jenis ini sudah diatur oleh pabrik untuk tidak perlu dilakukan isi ulang. Aki kering akan lebih praktis digunakan ketimbang aki basah.

3. Aki kalsium

Aki ini pasti terdengar asing karena tersediaan barang yang tidak banyak. Kutub jenis aki mobil ini dibuat dari bahan kalsium sehingga dinamakan menjadi aki kalsium. Aki ini memiliki tingkat penguapan yang jauh lebih rendah dari pada aki kering maupun basah sehingga diklaim menjadi yang paling irit dan rendah penguapan.

Kelebihan aki kalsium memiliki daya tahan baterai yang sangat baik dalam menyalurkan listrik. Namun yang menjadi kekuranganya aki kalsium memiliki harga yang mahal, apalagi mengingat jumlahnya terbatas dan kurang populer di Indonesia.

4. Aki hybrid

Aki hybrid adalah perpaduan antara aki kering, basah, dan kalsium. Tingkat penguapan aki hybrid ini tergolong minimum dengan perawatan yang cukup mudah. Sayangnya, cairan elektrolit dalam aki hybrid memiliki sifat korosif terhadap mesin mobil. Maka dari itu dalam jangka waktu pendek, cairan ini bisa cepat merusak komponen mesin.

5. Aki MF AGM

MF AGM adalah singkatan dari maintenance free absorbent glass mate. Keunggulan aki jenis ini adalah adanya teknologi yang membuat air aki terperangkap di dalam separator khusus. Aki ini disarankan bagi pemilik mobil tipe off-road. Sebab aki jenis ini karena unggul pada daya tahan dan kekuatan dibanding aki lainnya.


6. Aki gel

Selanjutnya ada aki tercanggih dengan menggunakan cairan elektrolit berupa gel. Dikarenakan aki ini tidak menggunakan cairan elektrolit, maka aki gel ini tidak bersifat korosif serta merusak komponen mesin mobil. Kelebihan dari aki ini adalah perawatan yang relatif simpel dan memiliki tingkat keawetan yang cukup lama.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)