Unik, Hyundai Pilih Nama Casper untuk City SUV Baru

Kamis, 22 Juli 2021 - 06:00 WIB
loading...
Unik, Hyundai Pilih Nama Casper untuk City SUV Baru
Hyundai Casper akan jadi mobil SUV terkecil yang pernah dibuat oleh Hyundai saat ini. Foto/Carbuzz.
SEOUL - Hyundai tengah rajin-rajinnya membuat mobil SUV. Tidak cukup membuat Big SUV, Medium SUV dan Small SUV, kini dilaporkan Carbuzz, perusahaan mobil asal Korea Selatan itu akan membuat mobil baru yang akan mengisi segmen City SUV.

Sesuai namanya mobil ini akan merupakan perpaduan antara city car bertubuh kompak dan fungsionalitas khas SUV. Yang menarik lagi Hyundai justru memilih nama yang unik buat mobil SUV berukuran kompak itu yakni Casper.

Baca juga : Siap-siap Triumph akan Buat Motocross dan Motor Enduro

Bagi generasi Y dan generasi Z, nama Casper bukanlah nama yang asing. Casper merupakan tokoh animasi dalam serial animasi Casper the Friendly Ghost buatan Famous Studios. Serial animasi itu bercerita tentang sosok hantu cilik yang ramah dan imut yang kerap diganggu oleh ketiga pamannya yang juga sama-sama hantu.

Kembali ke Hyundai, tidak diketahui alasan apa yang membuat Hyundai memilih nama Casper. Yang pasti Hyundai Casper akan jadi mobil SUV paling kecil yang pernah dibuat oleh perusahaan mobil yang berbasis di Seoul, Korea Selatan itu.

Unik, Hyundai Pilih Nama Casper untuk City SUV Baru




Disebutkan Carbuzz ukuran panjang Hyundai Casper hanya mencapai 141,5 inci. Jauh lebih pendek dibandingkan Hyundai Bayon dengan panjang 164,66 inci dan Hyundai Venue yang memiliki panjang 159,1 inci. Dengan dimensi yang lebih kecil dibandingkan mobil SUV buatan Hyundai lainnya, bisa jadi mobil ini akan jadi mobil termurah yang ada di line-up Hyundai.

Aksi Hyundai Casper sendiri memang sudah terekam oleh kamera dalam kondisi kamuflase. Namun dari tampilannya terlihat bahwa mobil ini akan sedikit sama dengan City SUV lainnya seperti Suzuki Ignis.

Baca juga : Paling Laris, Lamborghini Urus Capai Produksi 15.000 Unit

Unik, Hyundai Pilih Nama Casper untuk City SUV Baru




Masih disebutkan Carbuzz, mobil ini akan menggunakan platform Hyundai Grand i10 Nios. Jadinya mobil ini akan menggunakan mesin yang sama yakni mesin empat silinder dengan kapasitas 1,2 liter. Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 83 daya kuda dan torsi maksimal 84 lb-ft.

Menariknya lagi Hyundai Casper akan hadir dalam dua varian dimana salah satunya adalah varian termurah dengan mesin empat silinder dengan kapasitas 1,1 liter. Mesin yang diambil dari mobil Hyundai Santra itu memiliki tenaga sebesar 68 daya kuda dan torsi maksimal 70 lb-ft.

Hyundai memang tidak mengumumkan wilayah mana saja yang akan mendapatkan mobil itu. Yang pasti pasar utama adalah India dimana segmen mobil SUV bertubuh kompak dengan harga murah tengah berkembang pesat. Bisa saja mobil ini datang ke Indonesia karena memang Suzuki Ignisdan Renault Kwid masihbelum mendapatkan tantangan kuat di ceruk city suv berbadan kecil.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE