Jangan Panik, Ini 5 Penyebab Lampu Indikator Mesin Mobil Menyala

Minggu, 15 Agustus 2021 - 17:24 WIB
loading...
A A A
3. Masalah Pada Filter Udara

Penyebab lain dari lampu indikator mesin menyala karena adanya masalah di filter udara. Seperti yang diketahui, filter udara sangat berkaitan erat dengan sensor mass air flow. Dimana, sensor tersebut berperan dalam menentukan bahan bakar yang digunakan.

Filter udara yang kotor akan menghambat suplai udara ke dalam ruang bahan bakar. Kondisi ini akan membuat sensor mass air flow tidak bekerja dengan baik, yang akhirnya menyebabkan lampu indikator pada check engine menyala terus menerus.

4. Sensor Oksigen Rusak

Hal umum yang ditemui ketika lampu indikator mesin menyala adalah rusaknya sensor oksigen. Karena ketika komponen sensor ini rusak, secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja mesin dan merusak catalytic converter.



Kondisi ini biasanya terjadi karena sensor oksigen tertutup oleh oli, sehingga akan mengurangi kemampuan dalam mengolah oksigen.

5. Kerusakan di Catalytic Converter

Tanda dari rusaknya komponen catalytic converter adalah borosnya bahan bakar atau kurangnya tenaga mobil ketika pedal gas sudah diinjak dengan dalam. Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi komponen ini agar indikator tidak sampai menyala.
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2438 seconds (0.1#10.140)