Bahaya Mobil Overheat, Ini 5 Tanda Air Radiator Mobil Habis

Sabtu, 04 September 2021 - 23:05 WIB
loading...
A A A
Jika itu terjadi pada Anda segeralah minggir ke tepi jalan, matikan mesin dan cek pendingin mesin. Apakah terjadi kebocoran, tutup radiator yang sudah lemah, thermostat macet ataupun perkara air radiator yang habis sehingga mesin menjadi panas karena kurangnya pendinginan.

3. Timbul suara ngelitik

Umuny mesin yang sangat panas akan timbul suara kasar seperti ngelitik pada mesin. Hal itu disebebkan karena mesin mengalami overheat dan membuat management pembakaran di ruang mesin menjadi kacau dan tidak sempurna.

4. Tenaga mobil hilang bahkan mogok

Hal ini terjadi ketika saat mesin overheat dan timbul suara ngelitik, namun pengemudi tetap memaksakan mobil tersebut terus berjalan. Pasalnya overheat memang membuat performa kendaraan akan menurun secara drastis bahkan bisa menyebabkan kerusakan fatal apabila pengguna kendaraan lalai, tidak sadar atau menyepelekan hal tersebut yang dapat mengakibatkan mogok dijalan.



5. Muncul uap air pada kap mesin mobil

Hal itu terjadi karena terdapat komponen yang pecah dan tidak kuat menahan tekanan tinggi yang sangat panas yang terdapat pada dalam. Umumnya seperti tutup radiator yang pecah, selang-selang yang mengalami kebocoran, waterpump pecah. Air yang keluar sangat panas akan menyebabkan uap pada mesin. Jika Anda biarkan maka mesin akan menjadi rusak total bahkan tidak bisa digunakan kembali.*
(dan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6063 seconds (0.1#10.140)