Melemah di Pasar Domestik Suzuki Karimun Wagon-R Perkasa di Pasar Ekspor

Sabtu, 18 September 2021 - 07:00 WIB
loading...
Melemah di Pasar Domestik Suzuki Karimun Wagon-R Perkasa di Pasar Ekspor
Suzuki Karimun Wagon-R kini jadi tulang punggung produk eskpor Suzuki Indonesia. Foto/SIS.
JAKARTA - Penjualan Suzuki Karimun Wagon-R mengalami pelemahan dibanding mobil LCGC yang dijual di pasar Indonesia lainnya. Berdasarkan data yang ada di GAIKINDO Suzuki Karimun Wagon-R tahun ini hanya terjual rata-rata di bawah angka 200 unit. Sangat kecil dibanding mobil LCGC lainnya seperti Daihatsu Sigra, Toyota Calya, Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio.

Uniknya capaian itu justru berbanding terbalik dengan performa di pasar ekspor atau luar negeri. Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan sepanjang Januari hingga Agustus lalu, Suzuki Karimun Wagon-R justru menjadi tulang punggung penjualan di pasar ekspor Completely Built Up (CBU).

Baca juga : Resmi, Harga Mobil Imut Hyundai Casper Dimulai Rp168,3 Juta

"Untuk pasar ekspor, model yang paling laris dari Januari hingga Agustus dipegang oleh Suzuki Karimum Wagon-R sebanyak 12.500, Suzuki XL7 di 10.000-an unit, Suzuki New Carry di angka 9.000-an dan Suzuki Ertiga untuk 4.450 unit," jelas Donny Saputra.



Dia mengatakan saat ini capaian Suzuki Karimun Wagon-R di pasar ekspor memang sejalan dengan keinginan perusahaan mobil asal Jepang itu. Pasalnya dalam memproduksi kendaraan mereka selalu berupaya agar produk tersebut tidak hanya bisa dijual di pasar domestik tapi juga untuk pasar ekspor. "Jadi ini memang masih sejalan dengan keinginan Suzuki," jelasnya.

Baca juga : Gonjang-ganjing Mitsubishi Berhenti Buat Platform Mobil di 2026

PT SIS sendiri tidak berpangku tangan menghadapi pelemahan penjualan Suzuki Karimun Wagon-R di pasar domestik. Saat ini mereka melihat adanya pergeseran konsumen Suzuki Karimun Wagon-R dari yang individual ke fungsional. "Kami akan melakukan penjualan ke customer fleet dan memang ada perubahan bentuk dari Suzuki Karimun Wagon-R sehingga bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Namun detilnya belum bisa kami sampaikan sekarang," pungkasnya.
(wsb)
preload video
Komentar Anda