Begini Cara Cas Aki Kering, Gampang Kok!

Jum'at, 10 Desember 2021 - 20:57 WIB
loading...
Begini Cara Cas Aki Kering, Gampang Kok!
Cara cas aki kering sering ditanyakan pemilik kendaraan ketika aki mulai tekor yang ditandai dengan sulitnya kendaraan distarter. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara cas aki kering sering ditanyakan pemilik kendaraan ketika aki mulai tekor yang ditandai dengan sulitnya kendaraan distarter. Mereka kebanyakan tidak tahu kalau aki kering juga bisa dicas seperti aki basah.

Selama ini, pemilik kendaraan banyak yang tidak tahu kalau aki kering juga bisa dicas. Padahal mengecas aki kering dianjurkan sebagai salah satu perawatan aki jika strumnya sudah lemah.

Namun pemilik kendaraan juga perlu mengetahui aki kering yang kondisinya seperti apa yang bisa dicas. Karena aki kering yang kondisinya sudah soak atau rusak tentu sudah tidak bisa dicas.

Aki kering yang masih bisa dicas adalah yang hanya lemah setrum. Biasanya kondisi ini terjadi karena kendaraan tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.



Selama tidak dipakai, otomatis aki tidak mendapat pasokan listrik yang didapat dari putaran mesin kendaraan.

Sekedar memanaskan mesin juga tidak bisa mengisi strum sempurna. Karena listrik pada aki akan mendapatkan pasokan ideal setelah menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Jika memang terpaksa untuk cas aki kering kendaraan, sebaiknya menggunakan charger yang memiliki fitur cut-off. Ini berguna ketika strum aki sudah penuh, charger akan memutus arus listrik sehingga aki bisa terhindar dari masalah over charge.

Berikut cara cas aki kering sendiri di rumah yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Cari Lokasi Aman

Karena menggunakan strum listrik, ada baiknya cari lokasi yang jauh dari jangkauan anak-anak. Ini untuk menghindari rasa ingin tahu anak terhadap alat-alat yang mengandung strum tersebut.



Karena untuk cas aki diperkirakan memakan waktu sekitar 6 jam, pastikan lokasi sekitar tidak ada air. Sebab cipratan air bisa menyebabkan korsleting dan membuat aki malah jadi rusak.

2. Listrik Harus Stabil

Pastikan listrik di rumah stabil dan tidak ada pemadaman dari PLN. Karena charger aki akan mengulang dari awal ketika pengisian strum terputus di tengah jalan.

Jadi buang-buang waktu ketika sedang cas aki kering tiba-tiba mati lampu. Jika Anda menggunakan listrik prabayar, pastikan sudah mengisi token listrik sehingga daya cukup untuk pemakaian cas aki kering.

3. Jangan Salah Sambungkan Charger

Untuk cas aki kering, Anda harus menghubungkan kabel charger ke aki. Jangan sampai memasang kabel ke terminal terbalik karena bisa menyebabkan aki rusak.

Pastikan kabel merah tersambung ke terminal positif (+) dan kabel hitam ke terminal negatif (-). Saat mengecas aki disarankan tidak mengunakan daya yang besar dengan tujuan strum aki cepat terisi karena ini bisa membuat aki cepat rusak.



4. Lepaskan Kabel Jika Sudah Selesai

Kendati Anda menggunakan charger yang ada fitur cut-off, ada baiknya langsung melepas kabel pada terminal jika indikator pengisian sudah penuh. Ini untuk menghindari over charge yang bisa menyebabkan aki cepat rusak.

Setelah melepas aki dari charger, Anda bisa cek tegangannya apakah sudah di atas 12,5 volt. Jika memang tegangannya pas, berarti cas aki kering sudah berhasil dan siap digunakan kembali.

Sebaliknya, jika hasilnya di bawah 12,5 volt berarti cas aki kering gagal dan kemungkinan sel-sel aki sudah lemah. Kondisi seperti ini perlu penanganan berbeda dan jangan dicas ulang di rumah.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)