Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Rabu, 05 Januari 2022 - 21:57 WIB
loading...
A A A
Filter udara berfungsi menyaring udara kotor tidak masuk ke karburator atau sistem injeksi. Jika udara yang masuk bersih, maka pembakaran juga lebih baik. Sebaliknya, udara kotor yang masuk ke ruang bakar membuat pembakaran tidak maksimal.



Faktor pembakaran yang tidak maksimal juga dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang buruk. Jadi jangan sembarangan mengisi bahan bakar buat motor kesayangan Anda.

Lalu apa saja yang perlu dilakukan jika tiba-tiba motor kehilangan kompresi? Sebagai pertolongan pertama, pemilik motor bisa membuka busi motor yang bermasalah itu. Setelahnya teteskan sedikit oli yang masih berkualitas bagus ke dalam lubang busi tersebut. Selanjutnya silahkan coba kalian kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan jari atau kain.

Ada baiknya lakukan kick starter ini sebanyak 5 sampai 10 kali. Dan jika dirasa tekanan sudah mulai kembali normal silahkan kalian pasang busi kembali seperti sediakala dan jalankan mesin motor seperti biasanya.

Sebaiknya gunakan kesempatan motor yang sudah berjalan normal untuk mendatangi bengkel yang terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan secara menyeluruh. Pasalnya memang tidak bisa dipungkiri penyebab motor kehilangan kompresi memang berkaitan dengan kondisi komponen yang sudah terlalu lama dan kondisi motor yang kurang terawat dengan baik.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3132 seconds (0.1#10.140)