Cara Melepas Aki Mobil dengan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Senin, 14 Februari 2022 - 14:08 WIB
loading...
Cara Melepas Aki Mobil dengan Benar, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Cara melepas aki pada mobil dengan benar dan aman harus dilakukan pemilik mobil untuk menghindari kerusakan pada komponen kelistrikan mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara melepas aki mobil dengan benar dan aman harus dilakukan pemilik mobil untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang akan berakibat pada rusaknya aki atau komponen kelistrikan mobil.

Aki merupakan salah satu komponen penting di dalam mobil yang berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan energi listrik. Selain itu, aki juga berfungsi sebagai pendorong energi ke starter mobil, lampu mobil, AC, hingga sistem pengapian mobil.

Beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum melepas aki mobil diantaranya adalah memastikan mesin mobil tidak dihidupkan. Melepas aki ketika mesin mobil dalam keadaan hidup akan berakibat pada kerusakan fatal pada mobil, salah satunya pada bagian ECU.

BACA: Aki Mobil Rusak Jangan Langsung Diganti, Perbaiki dengan Cara Ini

Berikut cara melepas aki mobil dengan benar dan aman yang bisa anda lakukan sendiri di rumah:



1. Persiapkan Alat

Anda perlu mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melepas aki mobil seperti tang, kunci pas, hingga obeng minus.

2. Lepaskan Dahulu Bagian Negatif

Ketika membuka aki mobil , Anda harus melepas bagian kutub negatifnya dulu sebelum nantinya melepas bagian kutub positif. Ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting yang bisa merusak aki dan membahayakan diri sendiri.

Bagian kutub negatif biasanya berwarna hitam dan memiliki tanda (-). Cara melepasnya adalah dengan melepas kabel, baut, dan klemnya.

3. Lepaskan Kabel Positif

Setelah bagian kutub negatif pada aki mobil terlepas, Anda bisa langsung melepaskan bagian kutub positif. Kabel positif ini biasanya ditandai dengan warna merah dan ada tanda (+) plus.

BACA JUGA: Elon Musk Pede, Spacex Starship Akan Mencapai Orbit Bumi Tahun Ini

4. Angkat Aki Perlahan

Setelah seluruh komponen aki mobil sudah terlepas, maka anda hanya tinggal mengangkatnya. Angkat dengan posisi tegak lurus untuk menghindari cairan aki tumpah.

Perlu anda ketahui, bahwa aki merupakan komponen penting yang dimiliki mobil, sehingga harus rajin merawatnya secara berkala. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawat aki mobil, diantaranya adalah:

- Memanaskan Mobil

Hal ini harus anda lakukan untuk menjaga kualitas aki mobil . Memanaskan mobil setiap sebelum digunakan akan membuat arus listrik mengalir dengan lancar tanpa hambatan.

BACA JUGA: Cara Menghapus Jejak Digital di Internet dengan Mudah

- Memastikan Ketersediaan Listrik

Hal ini perlu anda perhatikan untuk menghindari mobil anda sulit untuk distarter. Anda bisa melakukan pengecekan ketersediaan listrik dalam aki dengan mengunjungi bengkel terdekat dan Anda bisa sekalian mengisinya jika ketersediaan listrik dalam aki mobil sudah hampir habis.

- Membersihkan Aki

Anda bisa membersihkan pada bagian terminal aki yang biasanya terkena debu. Terminal aki yang kotor dapat menyebabkan aliran listrik ke komponen yang ada di mobil menjadi terhambat dan terganggu.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2048 seconds (11.252#12.26)