Pahami 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor Agar Mesin Tidak Terbakar

Minggu, 20 Februari 2022 - 14:25 WIB
loading...
Pahami 4 Penyebab Radiator Mobil Bocor Agar Mesin Tidak Terbakar
Radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Jika terjadi kebocoran maka dampaknya bisa fatal. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Pengguna kendaran perlu memahami penyebab radiator mobil bocor . Sebab, radiator bertanggung jawab untuk mendinginkan mesin dan menjaga agar tetap berjalan pada suhu yang tepat.

Kebocoran pada radiator tidak hanya menimbulkan risiko panas berlebih dan menimbulkan kerusakan mesin. Namun juga bisa mengakibatkan kebakaran mesin.

Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan berkala pada radiator untuk mengatasi kebocoran segera setelah mendeteksinya.

Kerusakan pada radiator juga bisa berdampak pada sistem mesin. Mesin yang sudah pernah overheat tentu perfomanya tidak akan optimal. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini empat penyebab radiator mobil bocor.



1. Umur Radiator
Penyebab terbesar radiator mobil bocor adalah faktor usia. Hal ini dikarenakan komponen mobil memiliki jangka waktu penggunaan. Pada umumnya, radiator cukup lama jangka waktu pakainya. Bahkan kalau rajin dirawat bisa sampai 10 tahun.

Radiator yang terkikis bisa mengalami keretakan atau kebocoran. Untuk itu, segera ganti atau servis di bengkel terpercaya. Namun, jika sudah terlalu lama, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan radiator baru.

2. Saluran Radiator Tersumbat
Saluran radiator yang tersumbat merupakan penyebab radiator mobil bocor. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan air biasa dan tak rajin memperhatikan kondisi air radiator. Seiring berjalannya waktu, kotoran dan debu yang menumpuk akan menghambat aliran air yang masuk ke bagian mesin.

Ketika sudah terhambat, panas dari mesin tak mampu disalurkan ke elemen pelepas panas radiator yang dapat memicu ledakan pada radiator. Untuk itu lakukan pemeriksaan radiator secara berkala, paling tidak setelah menempuh jarak 40.000 km agar perfoma radiator tetap optimal.

3. Terkena Benda Asing
Terkena benda asing juga merupakan salah satu penyebab radiator mobil bocor. Posisi radiator di depan mesin dengan kisi-kisi atau grill yang terbuka bertujuan agar bisa menangkap udara segar. Namun, hal ini berisiko membuat radiator terkena kerikil atau batuan dan kemudian membuat kebocoran.

4. Komponen Karet & Plastik Getas
Komponen karet dan plastik yang mulai getas akan membuat rusak atau kebocoran pada radiator. Hal ini karena posisinya dekat dengan panas mesin. Sehingga komponen ini sangat rentan getas.

Misalnya selang radiator yang terbuat dari karet, serta tabung reservoir yang terbuat dari plastik. Tabung plastik yang terkena panas terus menerus bisa memicu keretakan dan akhirnya menyebabkan kebocoran pada sistem radiator.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2310 seconds (0.1#10.140)