Mengatasi Motor Susah Hidup Setelah Dicuci, Begini Caranya!

Rabu, 02 Maret 2022 - 15:28 WIB
loading...
Mengatasi Motor Susah Hidup Setelah Dicuci, Begini Caranya!
Motor sudah hidup setelah dicuci sering dialami para pemilik sepeda motor. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Motor sudah hidup setelah dicuci sering dialami para pemilik sepeda motor. Beberapa pemilik sepeda motor mungkin kesal karena tadinya ingin kendaraannya bersih malah tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Jika mengalami masalah ini, jangan langsung membawa motor Anda ke bengkel. Coba periksa beberapa komponen motor yang rawan terkena air lalu diperbaiki.

Biasanya masalah motor tidak bisa dihidupkan setelah dicuci tak lepas dari sistem pengapian yang basah. Dengan membersihkan dan mengeringkan komponen itu, dijamin motor akan kembali jreng sekali distarter.

Diolah dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi motor susah hidup setelah dicuci:



1. Air Masuk ke Karburator

Karburator berfungsi sebagai tempat pembakaran bahan bakar. Karena karburator adalah tempat pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara, maka keberadaan air di dalamnya tentu akan mengganggu fungsinya.

Terkadang saat anda mencuci motor air tidak sengaja masuk ke komponen ini, sehingga mengganggu fungsinya. Jika air masuk ke dalam karburator, cara mengatasinya yakni dengan membuka mangkuk karburator namun Anda harus menutup kran bensin terlebih dahulu.



Saat buka bautnya, biasanya akan ada bensin yang keluar dari dalamnya. Tapi yang keluar tak hanya bensin saja, air yang tertampung di dalamnya pun akan ikut keluar. Lalu, jika sudah kering, rapatkan kembali baut di mangkuk karburator.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)