Ini Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor, Hati-Hati!

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:05 WIB
loading...
A A A
2. Degradasi Elektrokimia

Degradasi Elektrokimia atau Electrochemical Degradation terjadi ketika berbagai jenis logam di sistem pendingin menghasilkan arus listrik. Dalam hal ini, pendingin akan mengirimkan aliran listrik ke beberapa area menciptakan muatan listrik yang membentuk retakan dalam selang.

Untuk memastikannya, pengendara bisa menekan ujung selang dan memeriksa apakah ada retakan di dalamnya. Solusi termudah untuk mengatasinya adalah dengan mengganti selang yang tahan ECD.

3. Komponen Selang Berkerut atau Terlipat

Selang radiator yang terlipat bisa menghambat aliran cairan pendingin ke mesin. Dampaknya, mesin bisa mengalami overheat.

Selain itu, munculnya kerutan pada selang juga bisa menjadi masalah kedepannya. Timbulnya retakan kecil semakin lama akan semakin membesar. Hasilnya, bisa membuat kebocoran pada selang.

Biasanya, masalah ini muncul karena kualitas selang radiator yang jelek sehingga cepat dan mudah berkerut. Jika memungkinkan, pemilik kendaraan bisa menggantinya dengan kualitas yang lebih baik.

Demikian ulasan mengenai penyebab selang radiator mobil bocor yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7768 seconds (0.1#10.140)