3 Bus Listrik di Indonesia yang Bisa Dicoba, No Terakhir Dirancang oleh Mahasiswa

Sabtu, 18 Juni 2022 - 10:05 WIB
loading...
3 Bus Listrik di Indonesia yang Bisa Dicoba, No Terakhir Dirancang oleh Mahasiswa
Ada beberapa bus listrik yang sudah beroperasi dan siap ditumpangi, termasuk TransJakarta. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Berlahan tapi pasti masyarakat Indonesia semakin terbiasa dengan elektrifikasi. Salah satunya, lewat keberadaan mobil listrik . Sudah semakin banyak mobil listrik yang berseliweran di jalanan saat ini, terutama di kota-kota besar.

Bukan hanya kendaraan pribadi, mobil listrik juga sudah merambah ke mobil khusus niaga seperti bus . Bahkan, ada beberapa bus listrik yang sudah beroperasi dan siap ditumpangi. Yang tentu saja sensasi menaikinya juga berbeda.

Nah bagi yang penasaran, berikut ini adalah daftar bus listrik yang bisa dicoba di Indonesia:

1. K-9 low deck
3 Bus Listrik di Indonesia yang Bisa Dicoba, No Terakhir Dirancang oleh Mahasiswa

Suasana interior bus listrik yang nyaman. Foto: Sindonews

K-9 low deck merupakan model bus listrik pabrikan China, BYD. Saat ini terdapat 30 unit bus listrik K-9 low deck yang telah masuk ke Indonesia dan beroperasi sebagai armada Transjakarta.

Bus tanpa emisi yang digunakan Transjakarta ini hadir dengan panjang 12 meter yang mampu memmuat 60 penumpang duduk dan berdiri. Bus tersebut dilengkapi baterai 324 kWh dengan jangkauan 250 km sekali pengisian baterai.

2. e-Fibird
Bus listrik yang satu ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Edison Motors. Bus dengan nama e-Fibird ini dioperasikan oleh DAMRI sebagai bus pengangkut penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.

Bus e-Fibird mampu menampung penumpang sebanyak 46 orang. Menyoal tenaganya, mampu menyalurkan tenaga sebesar 429 dk pada 4.500 rpm dan torsi maksimum 2.200 Nm.

3. Bus listrik Universitas Indonesia (UI)
3 Bus Listrik di Indonesia yang Bisa Dicoba, No Terakhir Dirancang oleh Mahasiswa

Bus listrik warna kuning yang digunakan di UI. Foto: dok humas UI



Bus listrik ini menjadi satu-satunya yang dirancang oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri. Ini mencakup rancang bangun sasisnya, sistem pengereman, hingga pendingin udaranya. Bus listrik ini bisa memuat 64 penumpang dan baterainya dalam kondisi penuh bisa menempuh jarak 300 kilometer. Untuk kecepatannya bisa menyentuh 130 kilometer per jam.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)